REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Di Indonesia kendaraan multiguna (MPV) menjadi incaran favorit pembeli mobil Tanah Air. Di segmen ini PT Toyota Astra Motor (TAM) berhasil menguasai 48,8 persen pangsa penjualan MPV di Indonesia.
Kontribusi terbesar didorong dari penjulan Avanza dan Kijang Innova yang mengisi di kelas bawah dan menengah MPV. Strategi ini menurut Direktur Marketing TAM Rahmat Samulo masih terus dipertahankan. "Toyota selalu fokus di low MPV dan medium MPV," katanya di Jakarta, Jumat (9/5).
Namun berangkat dari permintaan yang besar ini Toyota berusaha melengkapi jajaran kendaraan keluarganya di berbagai kelas. NAV1 mengisi segmen premium MPV melengkapi Avanza dan Kijang Innova dikelas bawah dan menengah serta Alphard menyusul ditempat teratas.
"MPV tetap menjadi backbone otomotif Indonesia. Karena itu Toyota ingin melengkapkan di segmen (MPV) ini," ujar Samulo di Jakarta, Jumat (9/5).
Sementara itu dikelas high MPV, Toyota berhasil mengusai sebesar 30 persen dari para pesaingnya.