Senin 12 May 2014 18:25 WIB

Alasan Ford dan Chrsyler Menarik Ratusan Mobil

Red: Agung Sasongko
Ford Escape 2013
Foto: netcarshow.com
Ford Escape 2013

REPUBLIKA.CO.ID, DETROIT -- Ford dan Chrysler memastikan penarikan ratusan ribu mobil dari pasar amerika bukan disebabkan kecelakaan atau apapun. Keduanya menyatakan akan memperbaiki dua masalah dari kendaraan yang diproduksi tahun 2013-2014.

Seperti dilansir voanews.com, Senin (12/5), sekitar 65.000 mobil yang ditarik adalah model C-Max, dan sisanya model Escape, keduanya ditarik dari pasar di Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko. Kemungkinan ada sejumlah mobil lagi yang terkena dampak di negara lain.

Adapun masalah yang dimaksud, pertama ada kesalahan piranti lunak yang menyebabkan kantong udara tidak berfungsi jika mobil terguling. Ford mengatakan belum ada laporan kecelakaan atau korban cedera karena masalah ini. Para penjual akan memprogram ulang komputer pengendalian kantong udara secara cuma-cuma.

Masalah kedua terkait jenis Escape, dengan gerendel pintu luar yang bisa macet dan menyebabkan pintu tidak tertutup dengan sempurna, sehingga pintu dapat terbuka saat mobil jenis SUV itu melaju. Tidak ada kecelakaan atau korban luka-luka yang dilaporkan.