Rabu 04 Jun 2014 14:47 WIB

Delapan Keunggulan Kia Picanto Morning (1)

Rep: CR01/ Red: Yudha Manggala P Putra
Kia Picanto Morning
Foto: Kia
Kia Picanto Morning

REPUBLIKA.CO.ID, BANTEN -- Bertarung di segmen entry-level kendaraan perkotaan, PT KIA Motor Indonesia (KMI) menyiapkan KIA Picanto Morning yang dibanderol dengan harga cukup murah. Perusahaan berbasis di Korea ini pun mengklaim punya delapan hal yang dijagokan.

Berikut kelebihan-kelebihan tersebut seperti dipaparkan General Manager Pengembangan Produk KMI Arifani Perbowo di sela-sela media test drive Kia Morning di Anyer Banten, Rabu (4/6).

1. Desain modern

Kendaraan berkapasitas mesin 1.000 cc ini mengadopsi desain yang sama dengan saudara terdahulunya Picanto. Morning di desain khusus oleh mantan desainer Audi Peter Schreyer yang sudah mendapatkan banyak penghargaan.

"Desain ini merubah total mobil city car biasanya yang awalnya kotak menjadi lebih compact sehingga tidak membosankan," ujar Afriani.

2. Irit bahan bakar

Diakui Afriani, Morning menjadi kendaraan pertama di kelasnya yang menggunakan mesin Dual CVVT, DOHC dengan transmisi lima percepatan. Secara komputerisasi mesin mengatur katup buang dan masuk.

Kemampuan mesin ini yang ditengarai mampu mengeluarkan tenaga yang besar tapi tetap hemat bahan bakar. KMI bahkan mengklaim Morning mampu menempuh jarak 18,57 kilometer hanya dengan satu liter.

"Dibandingkan mesin kendaraan lain hanya pakai DOHC murni, tenaga yang dihasilkan sama tapi mesin itu dipaksakan. Artinya, usianya akan lebih pendek," tambah Arifani.

3. Ruang kabin lega

Secara normal Morning digunakan untuk empat orang. Namun barisan penumpang belakang mampu menampung tiga orang menjadi kapasitas lima orang.  "Bahkan bagasi juga lebih lapang," katanya.

Hanya saja ruang kaki antara kursi depan dan belakang cukup sempit. Terutama bagi mereka yang berbadan tinggi dan gemuk.

4. Ruang kabin senyap

Untuk urusan kesenyapan KMI tak main-main. Suara mesin teredam berkat tiga lapis foam ditambah dengan dua lapis karet dibagian pintu ditambah satu lapis karet dibagian tengah antara pintu depan dan belakang kendaraan. Hasilnya suara memang teredam dengan baik. 

 

Lanjut ke: Delapan Keunggulan KIA Picanto Morning (2)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement