Selasa 17 Jun 2014 09:20 WIB

Belanda Akan Ujicoba Mobil Robot

Prototipe mobil tanpa supir
Foto: VOA
Prototipe mobil tanpa supir

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Pemerintah Belanda mengumumkan rencana untuk ujicoba skala besar mobil yang dapat berjalan sendiri agar dapat digunakan di jalan-jalan umum. Menteri infrastruktur Melanie Schultz van Haegen seperti dikutip BBC, Selasa (17/6), mengatakan mobil robot ini berpotensi untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi polusi.

Schultz van Haegen mengatakan ia tengah meneliti perubahan legal apa yang diperlukan agar mobil robot ini dapat digunakan di jalan-jalan di Belanda. Ujicoba mobil robot ini direncanakan pada awal 2015.

Namun rencana untuk ujicoba truk yang dapat berjalan sendiri pada 2019 dianggap kontroversial. Ini dikarena mayoritas dari 17 juta penduduk Belanda bersepeda. Pihak pendukung termasuk yang telah mengembangkan mobil robot sendiri mengatakan sensor dalam mobil itu dapat meningkatkan keamanan jalan raya.

Banyak negara tengah berlomba untuk memastikan legalitas mobil tanpa pengemudi. Di negara bagian California, Florida dan Nevada, Amerika Serikat, undang-undang telah diloloskan agar mobil tanpa pengendara ini dapat digunakan di jalan-jalan. Beberapa bulan lalu, Nissan melakukan ujicoba pertama mobil robot ini di jalan raya Jepang.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement