REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) berhasil mempertahankan kedudukannya sebagai merek terbesar ketiga di Indonesia diakhir tahun 2014 silam. Prestasi ini ditutup dengan torehan penjualan sebanyak 160.490 unit kendaraan atau menguasai sebesar 13,4 persen dari pangsa pasar otomotif nasional.
Jika dibandingkan tahun 2013 perolehan ini tidak meningkat banyak hanya naik sekitar 0,3 persen.
“Di tengah berbagi tantangan yang muncul sepanjang tahun 2014, Suzuki berhasil mempertahankan prestasi penjualan di tahun sebelumnya,,” ujar 4W Deputy Managing Director PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS), Davy J. Tuilan.
Adapun kontribusi terbesar masih didorong dari segmen pikap Carry 1.5 dan Mega Carry yang berkontribusi sebanyak 45 persen dari penjualan Suzuki. Keduanya berhasil terjual sebanyak 72.200 unit. Catatan ini diakui Suzuki sekaligus mempertahankan dominasi Suzuki disegmen low pikap, yakni sebesar 45,86 persen.
Setelah pikap, capaian terbanyak penjualan Suzuki juga didorong dari penjualan MPV Ertiga sebanyak 30 persen atau 48.016 unit kendaraan. Ditempat ketiga penjualan disokong dari Karimun Wagon R sebanyak 10 persen atau 16.479 unit kendaraan. Karimun Wagon R mencatatkan kenaikan penjualan sangat signifikan yakni sebesar 377 persen dibanding tahun 2013 sebesar 3.456 unit.