REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Toyota Astra Motor (TAM) torehkan total penjualan 30.053 unit dengan pangsa pasar naik menjadi 36,8 persen pada April 2015 kendati terjadi penurunan penjualan hampir di semua merek.
Menurut siaran pers di Jakarta, Selasa, pencapaian Toyota pada April tidak jauh berbeda dengan Maret 2015 sebanyak 31.801 unit.
Dari sisi pangsa pasar, Toyota membukukan kenaikan signifikan dari 32 persen pada Maret 2015 menjadi 36,8 persen pada April 2015.
"Pelaku industri otomotif menghadapi situasi perekonomian yang kurang mendukung yang terasa sejak akhir tahun 2014," kata Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Suparno Djasmin, dalam keterangan persnya, Selasa.
Menurut Suparno Djasmin, setiap Agen Pemegang Merek (APM) berupaya agar dampaknya tidak terlalu dalam terhadap prospek industri. Berbagai insentif melalui sejumlah strategi dilakukan agar produk tetap bisa terserap oleh pasar.
"TAM sendiri lebih memilih strategi peningkatan efisiensi dengan tetap meningkatkan pelayanan dan product value. Di mana meskipun pasar turun, TAM tetap meluncurkan produk-produk baru untuk memberikan nilai tambah lebih kepada pelanggan," imbuh Suparno Djasmin.
TAM merilis lima produk baru dalam lima bulan terakhir melalui penambahan fitur, perubahan kecil, hingga perubahan total, serta menambah varian baru di antaranya Agya, Rush, Camry, Alphard, dan Vellfire.
“Selain melakukan penyegaran dan penambahan product line-up, kami juga terus melakukan Kaizen (peningkatan berkesinambungan) terhadap layanan purna jual yang senantiasa menjadi salah satu fokus utama kami,” ucapnya