Selasa 28 Jul 2015 14:07 WIB

Volkswagen Salip Penjualan Toyota

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Dwi Murdaningsih
 Para pekerja merakit mobil Volkswagen Kombi di pabrik VW di Sao  Bernardo do Campo, Brasil, Senin (9/12).   (Reuters /Paulo Whitaker)
Para pekerja merakit mobil Volkswagen Kombi di pabrik VW di Sao Bernardo do Campo, Brasil, Senin (9/12). (Reuters /Paulo Whitaker)

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Volkswagen menyalip Toyota dalam penjualan kendaraan global untuk periode Januari hingga Juni. Ini menjadi kali pertama produsen mobil Jerman muncul di penghitungan yang sangat kompetitif.

Produsen otomotif Jepang Toyota Motor Corp megatakan pada Selasa (28/7), telah menjual 5,02 juta kendaraan dalam enam bulan pertama tahun ini. Angka itu turun 1,5 persen dari periode yang sama di tahun sebelumnya lantaran pasar Jepang yang lesu.

Volkswagen AG mengatakan awal bulan ini telah menjual 5,04 juta kendaraan selama periode yang sama. Penjualan yang kuat ada di Eropa dan Amerika Utara tetapi jatuh di Cina yang merupakan pasar bagus bagi perusahaan. Perusahaan ini mengalami penurunan penjualan 0,5 persen dari periode yang sama pada 2014.

Seentara General Motors Corp yang berbasis di Detroit dan merupakan produsen mobil terlaris selama lebih dari tujuh dekade hingga akhirnya dikalahkan oleh Toyota pada 2008 akan mengeluarkan angka penjualan pada Kamis nanti. GM merebut kembali mahkota penjualan pada 2011, ketika produksi Toyota merugi akibat gempa dan tsunami di timur laut Jepang.

Toyota yang membuat hybrid plus, sedan Camry dan model mewah Lexus membuat perusahaan kembali besar pada 2012 dan menjadi mobil terlaris di dunia selama tiga tahun terakhir. Penjualan Toyota tumbuh di Amerika Serikat, Meksiko dan Cina.

Tahun lalu, Toyota menjual 10,23 juta kendaraan, mengalahkan Volkswagen dan General Motors. Namun tahun ini mereka menjual mobil dan truk lebih sedikit tahun ini sekitar 10,15 juta kendaraan.

Volkswagen menjual 10,14 juta kendaraan pada 2014. VW membuat mobil Beetle dan Golf dan juga Porsche, Bugatti dan merek Audi di bawah grupnya. Sementara GM yang membuat Cadillac dan Opel mobil berada di urutan ketiga dalam penjualan global tahun lalu dengan 9,92 juta kendaraan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement