Sabtu 19 Sep 2015 09:16 WIB

Volkswagen Diminta Recall 500 Ribu Mobil di AS

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Dwi Murdaningsih
Volkswagen
Volkswagen

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Produsen mobil Jerman Volkswagen (VW) diperintahkan oleh regulator Amerika Serikat (AS) untuk menarik kembali (recall) setengah juta mobil karena perangkatnya yang cacat.

"Menggunakan perangkat cacat dalam mobil untuk menghindari standar udara bersih adalah ilegal dan mengancam bagi kesehatan masyarakat," kata Cynthia Giles, asisten administrator untuk Kantor Penegakan dan Kepatuhan Asuransi seperti dikutip dari laman BBC, Sabtu (19/9).

Perangkat cacat memungkinkan mobil untuk lulus uji laboratorium. Negara bagian California, AS, yang membantu penyelidikan juga telah mengeluarkan pemberitahuan pelanggaran Volkswagen. Badan Perlindungan Lingkungan (EPA) AS bersikap lebih ketat pada polusi mobil dan pelanggaran hukum udara bersih di negaranya.

Recall mobil VW tersebut bisa memakan biaya hingga 18 miliar dolar AS. Mobil yang di recall adalah produksi 2009-2014 jenis jettas, Bettels, Audi A3s, dan Golfs dan tipe 2014-2015 Passats.Pada tahun 2014 EPA memberlakukan denda mobil Korea Hyundai Motor dan Kia Motors sebesar 300 juta dolar AS karena sistem bahan bakar 1,2 juta mobil buatan mereka.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement