Rabu 23 Sep 2015 18:06 WIB

Tips Menjaga Cat Mobil Tetap Kinclong

Rep: c30/ Red: Dwi Murdaningsih
Sebuah penggemar tim sepakbola Kroasia cat mobilnya menyerupai bendera nasional Kroasia di Zaton, selatan Kroasia, Kamis (16/6).   (REUTERS/Antonio Bronic).
Foto: REUTERS/Antonio Bronic
Sebuah penggemar tim sepakbola Kroasia cat mobilnya menyerupai bendera nasional Kroasia di Zaton, selatan Kroasia, Kamis (16/6). (REUTERS/Antonio Bronic).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Mobil merupakan kendaraan yang kadang dapat mencerminkan siapa pemiliknya. Mobil juga menjadi kendaraan pilihan untuk perlanan kerja ataupun untuk berlibur bersama keluarga. Banyak ragam aktivitas lainnya yang berhubungan dengan kendaraan roda empat ini.

Begitu banyak yang bisa dilakukan oleh Anda dana kendaraan kesayangan. Namun tidak banyak yang tahu bagaimana merawat kendaraannya tersebut, terutama merawat ketahanan cat pada mobilnya agar tetap bersih, mulus, kinclong, warna pun tetap awet dan tidak pudar. Sehingga orang seringkali memilih untuk mengganti cat body mobil mereka ketimbang merawatnya.

Padahal, dengan mengganti cat mobil artinya mereka harus mengeluarkan lebih banyak lagi biaya belum lagi waktu yang dibutuhkan untuk pengecatan body mobil tersebut. Deki Arjuni selaku Markom 1Station Indonesia memberikan beberapa tips untuk merawat supaya cat body mobil Anda tetap awet dan kinclong.

Pertama, jangan terlalu lama membiarkan kotoran menempel di mobil. Misalnya selepas hujan, jangan biarkan air hujan mongering dimobil terlalu lama, ini akan berpengaruh pada tingkat kekusaman cat body mobil.

Kedua, hindari mobil bersentuhan langsung dengan cahaya matahari. Ini memang terkadang yang bisa dihindari, banyak lapangan parker yang berada di lapangan oleh karena itu, supaya cat body mobil tetap awet yang perlu dilakukan adalah poles body. “Orang sih lebih sering melakukan poles body untuk merawat cat mobil mereka,” ujar Diki Arjuni saat ditemui di 1Station parkir AEON Mal Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerang Selatan, Rabu (23/9).

Ketiga, nmencuci mobil dengan cairan ataupun shampoo yang memang khusus untuk mobil.  Cairan ini sudah banyak dan mudah didapat.

Keempat, lakukan pencucian mobil secara teratur. Misalnya satu minggu seklai atau tiga hari sekali. Ini bergantung pada tingkat pemakaian mobil di lapangan maupun tempat parkir mobil.

“Penyucian ini bergantung pada orangnya, apalagi kalau yang bekerja di area pabrik  bisa 2 atau 3 hari saja sudah harus di cuci untuk menjaga dari kusam,” ujar Diki.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement