Selasa 20 Oct 2015 16:09 WIB

GM Tarik 3.300 Unit Pikap dan SUV

Rep: MgROL49/ Red: Dwi Murdaningsih
General Motors
General Motors

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- General MOtor (GM) menarik 3.296 unit kendaraan. Sekitar 3.073 unit berasal dari Amerika Serikat. Penarikan kendaraan ini dilatarbelakangi adanya kesalahan yang ada pada tombol start.

General Motors tidak ingin membiarkan masalah switch pengapian menjadi masalah besar. Permasalahan ini menyangkut 3.300 truk dan SUV di Amerika Utara. Mereka adalah Chevrolet Silverado 2014, GMC Sierra, Chevy Suburban 2015 dan Chevy Tahoe.

Permasalahan terletak pada tombol yang bisa terjebak dalam posisi 'start' dan kemudian menyelinap ke 'aksesori' jika terjadi benturan. Hal ini karena gigi kunci pengapian memiliki diameter luar yang lebih besar.

Ketika mesin menutup, sopir dapat kehilangan kendali pada kemudi dan rem. Selain itu Airbag mungkin juga akan terpengaruh. Kendaraan nantinya akan mendapatkan ignition-lock untuk memperbaiki masalah.

Menurut Detroit News, masalah ini pertama kali ditemukan oleh seorang karyawan. Karyawan tersebut kemudian memberi tahu kepada para petinggi untuk melakukan perbaikan dan program keselamatan. Menurut laporan terdapat lima masalah yang ditemukan. Belum ada laporan mengenai kasus cedera ataupun kecelakaan atas 'kesalahan' ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement