Jumat 11 Mar 2016 12:07 WIB

Ini Mobil Bertenaga Hidrogen Tercepat

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Dwi Murdaningsih
Konsep mobil hidrogen tercepat di dunia.
Foto: Pininfarina
Konsep mobil hidrogen tercepat di dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, Sebuah mobil seksi yang fungsional namun tetap ramah lingkungan akan segera tercipta di Italia. Namun mobil yang menggunakan tenaga hidrogen ini, masih dalam tahap konsep.

Dilansir dari Science Alert, Jumat (11/3), rumah desain mobil Pininfarina baru saja meluncurkan konsep mobil bertenaga hidrogen di Jenewa Motor Show. Tidak saja unggul dalam futuristik, mobil yang ramah lingkungan itu juga diklaim tercepat dari jensnya.

Mobil hidrogen ini mungkin bukan kali pertama diciptakan, sebelumnya pernah ada Toyota, Audi, dan Honda yang berinvestasi pada teknologi dimaksud. Namun, Pininfarina merupakan yang pertama menciptakan sebuah kendaraan hidrogen bertenaga cepat ini.

Mobil ini disebut mempunyai kecepatan H2, yang mencapai 299 km per jam (186 mil per jam). Lebih cepat dari spesifikasi yang ditawarkan oleh Toyota Mirai. Hal tersebut membuat mobil hidrogen yang berperforma tinggi pertama ini, mampu melaju dari nol sampai 100 km per jam (62 mil per jam) hanya dalam waktu 3,4 detik.

Mobil ini dijalankan pada dua motor listrik bersama dengan sel bahan bakar hidrogen. Dilengkapi dengan kemampuan untuk regenerasi energi dari pengereman. Juga, bisa mengisi bahan bakar hanya dalam tiga menit.

Sebelumnya, kecepatan H2 sudah melewati pengujian track oleh GreenGT, yakni sebuah perusahaan Prancis-Swiss yang dikenal untuk mengembangkan sistem propulsi bersih.

Ini merupakan mobil yang menggabungkan bentuk dan fungsi dalam satu kerangka. Namun, perlu diperhatikan, pihak perusahaan belum merilis berbagai mobil, yang bisa menjadi 'membuat atau menghancurkan' faktor bagi model khusus ini.

Pihak perusahaan juga belum mengumumkan kapan mobil ini akan diproduksi. Biaya, tentu saja selalu menjadi faktor yang tidak masuk akal untuk memproduksi mobil super mahal. Namun, seiring berjalannya waktu, pihak perusahaan optimistis biaya produksi perangkat mobil tersebut akan turun.

 

baca juga: Nissan Siap Luncurkan Mobil Semi Otonom

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement