Jumat 29 Apr 2016 07:29 WIB

Desain Tajam Lengkapi BMW M2 Coupe

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Winda Destiana Putri
BMW
Foto: Google
BMW

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hanya perlu sekilas pandang untuk memastikan bahwa the all-new BMW M2 Coupé termasuk dalam line up BMW M.

Desain yang tajam melengkapi atributnya yang dinamis. Terinspirasi oleh model-model kendaraan bersejarah BMW di arena balap, desain dari the all-new BMW M2 Coupé mewakili potensi performa yang luar biasa.

Apron depan rendah dengan intake udara besar, sisi samping dengan garis otot yang dipertegas insang pada bagian fender sebagai ciri khas M, pelek aluminium 19-inci dengan desain double-spoke khas line up BMW M, serta penggunaan knalpot M-specific twin-tailpipe memainkan peran penting dalam menunjukkan ciri khas M pada the all-new BMW M2 Coupé.

Karakter khas kendaraan BMW M tidak hanya hadir di bagian eksterior namun juga tampil pada desain interior. Balutan Alcantara pada detail pintu dan handbrake boot bersama dengan open-pore carbon fibre di bagian dashboard dan center console menunjukkan kualitas desain interior tingkat tinggi serta tampilkan ciri khas kendaraan sport yang semakin diperkuat dengan jahitan Polar Blue contrast stitching dan juga embos huruf M pada detail-detail tertentu.

"Keberadaan BMW M sports seats, lingkar kemudi BMW M sports, dan BMW M gearshift lever memastikan pengemudi the all-new BMW M2 Coupé dapat mengendalikan kendaraan mereka dengan sempurna," ujar Karen.

The all-new BMW M2 Coupé ini juga dilengkapi dengan mesin enam silinder segaris yang telah melalui pengembangan secara ekstensif dengan kapasitas 3 liter dan teknologi BMW TwinPower Turbo.

Dilengkapi TwinScroll turbocharger dengan exhaust manifold yang memiliki saluran kembar, terpisah dengan dinding tipis untuk mendukung efisiensi mesin yang lebih baik.

Beberapa komponen, seperti piston dengan optimized top rings dan grey cast iron liners serta crankshaft main bearing shells berasal dari mesin BMW M3/M4.

Disalurkan melalui M Double Clutch Transmission (M DCT) 7-percepatan dengan Drivelogic, the all-new BMW M2 Coupé mampu mengeluarkan tenaga maksimum hingga 370 hp dan torsi puncak pada 465 Nm mulai dari 1.400 rpm hingga ke 5.560 rpm, dengan fungsi overboost, torsi melonjak hingga 500 Nm (+35 Nm) dari 1.450 rpm ke 4.750 rpm. Mesin yang tangguh ini dapat mencapai 0-100km/jam hanya dalam waktu 4,3 detik berkat teknologi inovatif dari mesin BMW M TwinPower Turbo.

Selain responsnya yang tajam dan penyampaian daya yang optimal, the all-new BMW M2 Coupé ini mampu mengurangi konsumsi bahan bakar menjadi hanya 12,7 km/l (gabungan) dan emisi CO2 185 g/km (gabungan).

Hal ini dicapai melalui berbagai teknologi EfficientDynamics yang mencakup fungsi seperti Auto Start Stop, sistem Brake Energy Regeneration, Electric Power Steering, serta teknik pengurangan berat pada rangkaian arsitekturnya.

Salah satu faktor yang secara siginifikan mengurangi bobot kendaraan adalah penggunaan  bahan lightweight aluminum pada as roda depan dan belakang yang juga digunakan pada BMW M3 Sedan dan BMW M4 Coupé.

Bahkan, komponen kunci seperti sasis, control arms, pelat khusus pada double-joint spring-strut di as roda depan dikembangkan secara khusus untuk mengurangi bobot hingga 5 kg jika dibandingkan dengan pengembangan dengan konstruksi baja konvensional. Pengurangan bobot juga diteruskan dengan penggunaan tubular anti-roll bar dan suspensi dengan konstruksi khusus.

Teknologi Motorsport  yang menjadi akar dari BMW M GmbH,  juga terlihat pada seluruh line up kendaraan BMW M. Dengan mengusung tradisi ini, the all-new BMW M2 Coupé menunjukkan kepemimpinan dalam hal kedinamisan, sensasi berkendara, stabilitas, tingkat presisi lingkar kemudi dan kemudahan pengendalian di segmennya tanpa mengorbankan faktor yang mendukung penggunaan sehari-hari.

Untuk menyalurkan potensi kendaraan ini seefektif mungkin di jalan raya, pengembangan ban khusus pada all-new BMW M2 Coupé dilakukan bersama dengan pembuatan as roda. Serangkaian faktor tertentu menjadi prioritas terutama ketika didedikasikan untuk kendaraan sport dengan performa tinggi.

Salah satu contohnya, roda depan harus memiliki stabilitas lateral dan directional serta tingkat sensitivitas lingkar kemudi yang baik, sedangkan di saat yang bersamaan lingkar roda belakang dituntut untuk memberikan traksi yang optimal, stabilitas lateral dan directional yang presisi. Untuk mencapai hal tersebut, para insinyur di BMW M memutuskan untuk menggunakan velek aluminium dengan ukuran dan profil ban yang berbeda pada lingkar roda depan dan belakang dari the all-new BMW M2 Coupé.

Rem performa tinggi yang terdapat pada the all-new BMW M2 Coupé berasal dari riset BMW di dunia motorsport dan dapat diidentifikasi dengan mudah melalui kaliper rem (empat-piston di depan dan dua-piston di belakang) dengan warna biru metalik dan menampilkan logo BMW M pada bagian depan.

Kaliper BMW M compound brakes yang hadir sebagai fitur standar pada the all-new BMW M2 Coupé ini juga dilengkapi dengan perforated inner vented brake disc yang terbuat dari greycast iron dengan diameter 380mm di bagian depan dan 370mm di bagian belakang, sementara penghubung pada cakram rem tersebut dibuat dari bahan aluminium untuk mengurangi berat keseluruhan.

Untuk menambah faktor kedinamisan the all-new BMW M2 Coupé, kendaraan ini dilengkapi dengan BMW M Dynamic Mode (MDM).

MDM adalah sub-fungsi dari Dynamic Stability Control (DSC), yang secara efektif mengantisipasi oversteer atau understeer atau kehilangan traksi dengan mengambil langkah-langkah mengurangi tenaga mesin, pengereman individual pada setiap lingkar roda untuk menstabilkan kendaraan.

BMW M2 Coupé,  tersedia dalam empat varian warna eksterior, Long Beach Blue metallic, Alpine White, Black Sapphire, dan Mineral Grey.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement