Selasa 23 Aug 2016 08:56 WIB

Penjualan Mitsubishi Fuso di GIIAS 2016 Melonjak Tiga Kali Lipat

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Winda Destiana Putri
Mitsubishi Fuso
Mitsubishi Fuso

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG - Sebelas hari digelar, pameran otomotif Gaikindo International Auto Show (GIIAS) 2016 memberikan tren positif bagi kendaraan komersil. Salah satunya PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) menorehkan angka penjualan fantastis selama pameran yang digelar mulai 11 Agustus 2016 sampai 21 Agustus 2016 lalu.

Total angka penjualan selama GIIAS di tahun ini menyentuh angka 577 unit, naik tiga kali lipat dibandingkan tahun lalu sebanyak 146 unit. Komposisi penjualan masih didominasi Colt Diesel sebanyak 456 unit, Fuso sebanyak 87 unit, dan light commercial vehicle sebanyak 34 unit.

Sudaryanto, Head of MFTBC PR & Promotion Department PT KTB, menyebut angka penjualan di GIIAS tahun ini sungguh di luar ekspektasi. Mengingat kondisi pasar seluruh kendaraan niaga di semester satu lalu turun sekitar 18 persen.

"Sebenarnya di event ini kami lebih mengutamakan aktivitas branding dan sosialisasi produk dan layanan kami kepada masyarakat untuk lebih dekat lagi dengan Mitsubishi Fuso sebagai Andalan Bisnis Sejati. Namun ternyata banyak konsumen yang memanfaatkan penawaran kami selama GIIAS sehingga penjualan bisa melonjak hingga lebih dari tiga kali lipat dari tahun lalu. Semoga ini menjadi pertanda baik di semester kedua, sehingga kami dapat menggenjot penjualan dan target satu juta unit Colt Diesel semakin cepat tercapai," ujarnya.

KTB, sambung dia, tentu berharap pasar kendaraan niaga kembali bergairah. Naik turunnya pasar kendaraan niaga bisa dijadikan sebagai indikasi kondisi ekonomi. Sangat erat kaitannya karena kendaraan niaga digunakan untuk mendukung bisnis dan kegiatan pembangungan.

"Kami berharap proyek-proyek pemerintah dapat terlaksana dengan baik, karena efeknya sangat luar biasa dan berimbas ke berbagai sektor termasuk peningkatan demand kendaraan niaga," ungkap Sudaryanto.

Selain angka penjualan yang meningkat hingga tiga kali lipat, selama GIIAS 2016, Mitsubishi Fuso juga menorehkan prestasi lainnya yaitu mendapatkan penghargaan WOW Award untuk Best Commercial Car dan Best Booth Commercial Car. Ini menjadi optimisme tersendiri di tengah kondisi pasar kendaraan niaga yang terus mengalami penurunan selama tiga tahun berturut-turut. Data penjualan selama tahun 2016 (Januari-Juli), menunjukkan Mitsubishi Fuso kokoh mempertahankan dominasi market share-nya sebesar 45,4 persen.

Tren positif juga dirasakan oleh PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), Agen Pemegang Merek (APM) mobil Isuzu, meskipun terbilang pemain baru di kendaraan komersiil, sampai Sabtu (20/8) malam, tercatat 304 unit kendaraan terjual, dengan penjualan terbanyak disumbangkan dari model ElF sebanyak 115 unit.

"Kalau dilihat dari target sudah tercapai karena target kami 190 unit, dan sangat meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya terjual 120 unit. Terlebih di semester awal juga terjadi pertumbuhan sampai 16 persen," jelas Marketing Communications IAMI, Zainun.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement