Senin 06 Feb 2017 17:59 WIB

Mobil Eropa Dominasi Daftar Nominasi World Car of the Year 2017

All New Honda Civic saat difoto di Dago Pakar, Bandung, Jawa Barat, Rabu (25/5).  (Republika/Raisan Al Farisi)
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
All New Honda Civic saat difoto di Dago Pakar, Bandung, Jawa Barat, Rabu (25/5). (Republika/Raisan Al Farisi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mobil buatan Eropa kembali mendominasi ajang penghargaan World Car of the Year 2017. Ada enam penghargaan untuk mobil terbaik dunia tahun ini yang diperebutkan, termasuk hadiah utama mobil terbaik, serta medali untuk masing-masing kategori, semisal mobil mewah terbaik, performa, desain, ramah lingkungan, dan mobil perkotaan terbaik (urban).

Mobil urban terbaik merupakan penghargaan baru tahun ini yang diperebutkan oleh mobil-mobil berukuran kurang dari empat meter. Sementara 10 nominasi untuk Car of the Year mencakup enam mobil Eropa, yaitu Audi A5/S5, Q2, Q5, Jaguar F-Pace, Skoda Kodiaq, dan Volkswagen Tiguan. 

Kemudian satu mobil kolaborasi Jepang-Italia (Fiat 124 Spider), serta tiga mobil Jepang (Honda Civic, Mazda CX-9, and Toyota C-HR). Untuk kategori mobil mewah terbaik, finalisnya adalah Bentley Bentayga, BMW 5 Series, Mercedes-Benz E-Class, Volvo S90/V90), dan Genesis G90.

Penghargaan mobil dengan performa terbaik diperebutkan oleh Aston Martin DB11, Audi R8 Spyder, McLaren 570S, Porsche 718 Boxster/Cayman dan Honda NSX. Sementara untuk mobil perkotaan terbaik, nominasinya yaitu BMW i3, Citroen C3, Smart ForTwo Cabriolet, Suzuki Ignis dan Ford Ka +.

Ford Ka + dikembangkan untuk pasar negara berkembang seperti Afrika Selatan, Brasil, dan India yang mulai dijual pada 2015 dengan nama Ka atau Figo. Kategori lainnya, mobil ramah lingkungan, diisi oleh Chevrolet Bolt, Tesla Model X, Honda Clarity, Toyota Prius Prime, dan Hyundai Ioniq. Ini berarti tak satu pun dari produsen otomotif asal Eropa.

Pemenang setiap kategori akan diumumkan pada ajang New York Auto Show yang berlangsung pada pertengahan April mendatang.

 

sumber : antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement