Selasa 07 Feb 2017 20:19 WIB

Kapan Ertiga Diesel Hybrid Bakal Diproduksi Lokal?

Red: Mansyur Faqih
Suzuki New Ertiga Diesel Hybrid
Foto: Mansyur Faqih/Republika
Suzuki New Ertiga Diesel Hybrid

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Suzuki New Ertiga Diesel Hybrid yang telah diluncurkan hari ini, Selasa (6/2), masih diimpor utuh (completely built up) dari India. Akan tetapi, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) telah memiliki rencana untuk memproduksi unit tersebut secara lokal (completely knock down). 

Kapan rencana ini akan direalisasikan? "Kalau penjualan sudah mencapai target, yaitu unit ini dapat menyumbang kontribusi 20 persen dari penjualan Ertiga, baru akan kita rakit di indonesia. Saat ini kita sudah planning, berarti sdh jalan, bukan studi," ujar Donny Ismi Sahputra, marketing director 4W SIS di Jakarta, Selasa. 

Saat ini, lanjut dia, SIS telah melakukan uji pasar untuk produk berteknologi diesel dan hybrid di segmen low multipurpose vehicle (LMPV). Jika kemudian pasar memberikan respons positif, baru Suzuki akan melakukan produksi unit tersebut secara lokal.     

Meskipun, Donny optimistis produk terbaru di keluarga Ertiga tersebut akan dapat diterima dengan baik oleh konsumen Indonesia. Hal ini mengingat strategi perusahaan yang selalu melakukan studi sebelum melakukan peluncuran produk baru.