Jumat 07 Apr 2017 16:38 WIB

The New Countryman, Si Kecil yang Tetap Lincah

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Winda Destiana Putri
Mini Cooper Countryman
Foto: Republika/Rizkyan Adiyudha
Mini Cooper Countryman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Maxindo International Nusantara baru saja meremajakan Mini Cooper Countryman. Sebagai salah satu kendaraan favorit, Countryman diperbarui mengikuti perkembangan digital saat ini. Tak hanya itu, Coutryman generasi kedua ini juga dipasangkan mesin bertekologi terbaru.

Konsumen ditawarkan dua jenis mesin berbeda. The New Countryman dipasangkan mesin tiga silinder Twin Power Turbo Technology berkapasitas 1.500 cc. Mobil tersebut dapat mencapai kecepatan puncak 200 km/ jam, atau dari 0-100 km dapat dicapai dalam 9,6 detik.

Sementara, The New S Countryman ditunjang empat silinder twin turbo Valvetronic 1.998cc dengan delapan sistem transmisi otomatis. Kendaraan tersebut mampu berlari dari jarak 0-100 km/jam memakan waktu 7,4 detik dengan kecepatan maksimal 225 km/jam.

Meski sedikit memiliki perbedaan, namun performa keduanya hampir serupa. Begitu pedal gas dinjak, mesin merespon perintah dengan sigap seakan mengajak pengemudi untuk segera berlari.

Ditunjang mesin tiga silinder Twin Power Turbo membuat akselerasi The New Countryman semakin baik. Perpindahan percepatan tidak terlalu terasa sehingga membuat kendaraan melaju mulus.

Selagi menunggangi Coutryman, pengendara diberikan tiga opsi, yakni standart (mid) yang secara otomatis aktif saat mesin dihidupkan. Dua sisanya adalah sport yang menawarkan sensasi berkendara lebih agresif. Mode ini tentu lebih menguras bahan bakar untuk memaksimalkan performa kendaraan.

Mode terakhir adalah green, dimana kendaraan akan melaju dengan memperhatikan keramahan lingkungan. Akibatnya, respon kendaraan akan berkurang untuk meminimalisasi konsumsi bensin. Ketiga mode tersebut dapat dipilih pengendara sesuka hati bahkan saat mobil tengah melaju.

Mini Cooper New Countryman mengalami penambahan dimensi kendaraan. Hal itu membuat mobil sedikit lebih luas. Kendati hal tersebut memberikan pengguna ruang lebih untuk bergerak atau menyimpan barang. Sementara dari sisi pengemudi, perluasan itu menambah kenyamanan dalam berkendara. Perluasan itu juga membuat kaki tidak terlalu terlipat.

Ukuran yang mini juga membuat mobil melaju lincah dijalanan perkotaan. Lantaran kecil, mobil dapat dengan mudah melakukan manuver untuk menyalip kendaraan-kendaraan dan menembus arus lalu lintas.

Countryman generasi kedua ditanamkan panel yang serba digital dan dioperasikan dengan layar sentuh. Panel tersebut berisi radio, fadilitas telepon bluetooht hans-free, sistem speaker hingga bantuan navigasi. Dengan layar sentuh memungkinkan senua fungsi dipilih dan disesuaikan hanya dengan ujung jari.

Vice President Corporate Communications BMW Group Indonesia, Jodie O'tania mengatakan, perluasan dimensi itu sebenarnya dilakukan untuk memnuhi keinginan konsumen. Dia mengakatan, meski hadir dengan kabin lebih luas serta desain yang kokoh, namun tetap mempertahankan kelincahan dan desain unik khas mini. "Jadi pengguna tetap bisa mendapatkan sensasi berkendara go-kart," katanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement