Ahad 30 Apr 2017 10:36 WIB

Desainer Muda Tanah Air Tangani Komponen Lokal Toyota

Disain Toyota Heykers  tak terlepas dari sentuhan disainer muda PT TAM
Foto: dok hiru muhammad/republika
Disain Toyota Heykers tak terlepas dari sentuhan disainer muda PT TAM

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tampilnya sejumlah produk andalan Toyota seperti Agya, Etios, Yaris Heykers ataupun Veloz Tigre tidak terlepas dari sentuhan tangan terampil desainer muda PT Toyota Astra Motor (TAM) dalam meracik produk yang disukai pasar.

Hasil karya mereka dapat disaksikan pada ajang pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) yang berlangsung sejak Kamis kemarin. Sejak 2006 lalu PT TAM telah mengembangkan suku cadang produk lokal. Disain pertamanya adalah front grill ornament bagi Toyota Vios.

Sejak itu C&A Planning and Design Department terus mengemabngkan disain berbagai suku cadang buatan lokal untuk produk Avanza, Rush, Sienta dan lainnya. "Sampai kini sudah 2600 komponen lokal yang dibuat untuk meningkatkan keuntungan bagi pemilik Toyota," kata kepala disainer PT TAM, Donny Adhi Yuwono, Sabtu (29/4).

Bahkan beberapa komponen dari Innova, Fortuner, Yaris dan Agya yang dibuat PT TAM  telah dieskpor ke sejumlah negara. Pengembangan komponen lokal ini memberikan peluang besar bagi Toyota untuk memenuhi kebutuhan dan melampaui keinginan pelanggan. Upaya ini tidak terlepas dari semangat lets go beyond yang terbagi dalam tiga hal. Yaitu beyond product, beyond technology dan beyond service.  

Dalam IIMS ini, PT TAM menempati lahan seluas 1876 meterpersegi di hall A dan menampilkan 20 unit kendaraan untuk penumpang maupun komersial. Salah satu produk yang menjadi unggulan dalam pameran ini adalah Toyota New Agya. Sedan kompak ini tampil dalam dua versi mesin, berkapasitas 1000 cc VVTI maupun 1200 cc dual VVTI."Respon Agya cukup baik, jumlah pesanan (SPK) sudah mencapai 2600 unit," kata Yoshihiro Nakta, Presiden Direktur PT TAM.  

Dibanding pendahulunya, New agya mengalami pembenahan dari sisi eksterior maupun interiornya. Pembenahan juga dilakukan dengan menampilkan mesin jenis dual VVTI yang lebih bertenaga. Sejak diluncurkan pada 2013 lalu, angka penjualan Agya telah mencapai 197.310 unit. Penjualan Agya dan Calya telah memberikan kontribusi hingga 28 persen bagi Toyota. 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement