REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 tak hanya memamerkan jajaran mobil terbaru. Pabrikan asal Jepang itu juga ingin mendekatkan produk hybrid mereka kepada konsumen. Hal tersebut terlihat dari zona hybrid di booth Toyota.
Zona hybrid itu dikhususkan Toyota untuk memamerkan rakitan kendaraan-kendaraan tipe hybrid miliknya. Mobil seperti Toyota Alpard HV dan Camry HV pun dipajang dalam zona tersebut. Kedua mobil itu merupakan kendaraan terlaris disegmennya masing-masing.
Presiden Direktur Toyota Astra Motor (TAM) Yoshihiro Nakata mengatakan melalui Toyota Hybrid, mereka juga ingin terlibat dalam upaya pemerintah mengenai perbaikan lingkungan, melalui kendaraan ramah lingkungan. Dia mengklaim, Toyota menjadi produsen mobil pertama terkait teknologi hybrid di Indonesia, menyusul dikeluarkannya Prius pada 2009 lalu.
"Kami menghadirkan hybrid corner yang diharapkan dapat mengedukasi pelanggan dan memberi pengetahuan lebih komperhensif tentang sistem hybrid Toyota," katanya.
Sementara, dalam hybrid corner tersebut pengunjung dapat melihat teknologi hybrid pada mobil. Atau pengunjung juga bisa mendapatkan penjelasan sistem kerja mobil bermesin hybrid. Setelahnya, pengunjung dapat mengetes pengetahuan yang mereka dapatkan di zona hybrid dengan mengikuti kuis terkait teknologi tersebut.
Selain zona hybrid terdapat juga zona lain semisal active zone, modern family zone dan adventure zone. Toyota memamerkan kendaraan yang mewakili dari nama zona tersebut.
Pada zona familiy, Toyota menyertakan Sienta, Avanza Veloz dan Kijang Innova. Untuk active zone, diisi kendaraan yang tepat bagi muda-mudi seperti New Agya, Yaris TRD, Yaris Heykers dan Cayla. Sedangkan, di zona petualang, kendaraan yang dipamerkan, ialah Rush Ultimo, Venturer, Fortuner VRZ dan All New Hilux. Secara total ada 20 unit produk selama berlangsungnya IIMS 2017.