REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Melewati periode lima bulan pada Januari – Mei 2017, penjualan wholesales Daihatsu mencapai 80.878 unit, sementara retailsales mencapai 75.183 unit. Berdasarkan data penjualan yang dirilis Rabu (7/6) pekan lalu, penjualan Daihatsu mengalami cukup peningkatan, yaitu 10 persen untuk wholesales, dan 3,4 persen untuk retailsales dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.
Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra mengaku sangat bersyukur, penjualan Daihatsu meningkat menjelang hari Raya Idul Fitri di tengah pasar otomotif yang belum bergairah ini. "Hal ini membuktikan bahwa Daihatsu dipercaya dan menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia,” tutur dia berdasarkan rilis yang diterima republika.co.id, Jumat (9/6) .
Pangsa pasar pun naik dari 16,6 persen menjadi 17,4 persen untuk wholesales, dan dari 16,9 persen menjadi 17,7 persen untuk retailsales. Melihat data di atas, penjualan per model Daihatsu untuk wholesales, didukung oleh empat kontributor utama yakni Gran Max Pick Up (GMPU), Daihatsu Xenia, Astra Daihatsu Sigra, dan Astra Daihatsu Ayla.
Daihatsu Gran Max Pick Up, Sahabat Bisnis, mencapai 18.798 unit (23 persen), Daihatsu Xenia, Sahabat Keluarga mencapai 16.882 unit (21 persen). Kemudian, Astra Daihatsu Sigra, Sahabat Impian Keluarga, mencapai 15.064 unit (19 persen), disusul dengan Astra Daihatsu Ayla, Sahabat Seru, mencapai 14.646 unit (18 persen). Kontributor selanjutnya adalah Daihatsu Terios, Sahabat Petualang, sebesar 6.527 unit (8 persen), Gran Max Mini Bus (GMMB) sebesar 6.077 unit (8 persen), dan disusul oleh Daihatsu lainnya yakni, Daihatsu Luxio si Sahabat Elegan, Daihatsu Sirion – Sahabat Muda, Daihatsu Hi-Max – Sahabat Usaha, dan Daihatsu Copen – Sahabat Gaya dengan total sebesar 2.884 unit (4 persen).
Untuk retailsales Januari 2017, tidak jauh berbeda dengan wholesales. Empat penopang utama yang dipimpin oleh Astra Daihatsu Sigra, disusul Gran Max Pick Up, Daihatsu Xenia, dan Astra Daihatsu Ayla.