REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Isuzu meluncurkan line-up baru khususnya di kelas Medium Duty Truck (GIGA) di pameran Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) Jakarta, Kamis (1/3). Selama tujuh tahun hadir, Isuzu Giga sudah menjadi bagian penting dalam bisnis komersial khususnya bidang infrastruktur dan logistik.
"Pada hari ini kami dengan bangga memperkenalkan New Isuzu Giga. Kendaraan yang diluncurkan hari ini merupakan wajah baru yang ditujukan secara khusus untuk Indonesia," kata Takao Shiomi, Executive vice president and Director, Isuzu motors Japan Limited di Jakarta, Kamis (1/3).
Isuzu mengeluarkan beberapa varian New Giga sesuai dengan kebutuhan pelanggan yakni, FVR 34 P (N) (Medium Duty truck 4x2) cocok untuk segmen general transporter dengan aplikasi bak terbuka. Kemudian FVM 34 U (N) (Medium Duty truck 6x2) sesuai untuk segmen general transporter, industrial transporter, courier, dan total logistic.
Varian lainnya, FVM 34 U HP 5.8 (N) cocok untuk segmen general transporter, total logistic, dan construction. Dan terakhir, FVZ 34 N HP 6.1 (N) yang untuk segmen mining, construction, oil and gas, dan memenuhi kebutuhan pemerintah contohnya pemadam kebakaran dan bak sampah.
Beberapa perubahan pada New Isuzu Giga yakni, dengan meningkatkan kemampuan mesin untuk kelas Giga standard power (245PS), dengan power dan torsi masing-masing dari 240PS dan 72Kg.m, menjadi 245PS & 80Kg.m. Untuk transmisi masih dari Giga kelas standard power (245PS), ada peningkatan yang dilakukan khususnya pada rasio transmisi di standard power.
New Giga mengembangkan sasis baru yang sudah tidak memakai rivet pada bagian atas sasis, sehingga memudahkan pelanggan untuk membuat dan memasang aplikasi. Isuzu mengubah sistem rem dari yang sebelumnya AOH type menjadi Full air type. Hal ini menjadikan Giga menjadi lebih aman, karena karakteristik 'Full air' yang mengunci ban saat terjadi kebocoran angin, sehingga aman bagi pengemudi.
Dengan berkembangnya zaman, serta berubahnya generasi saat ini adalah peluang yang baik bagi Isuzu mengeluarkan New Giga. "Kecenderungan dari generasi saat ini adalah mereka lebih memilih produk yang memiliki teknologi yang unggul, serta produk yang terus berinovasi. Isuzu sudah terus melakukan hal itu untung mengambil customer di generasi saat ini," kata Attias Asril, General Manager Marketing PT Isuzu Astra Motor Indonesia.
Inovasi yang dilakukan Isuzu mengenai produk dan teknologi, digunakan pada New Giga. Selain unggul dalam teknologi, tanpa mengurangi factor fit to the market sehingga tidak hanya mengandalkan kemajuan teknologi saja. Isuzu juga mengerti kebutuhan dari para pemain bisnis komersial.