REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memasuki awal 2018, Honda memperkuat dominasinya di pasar mobil Hatchback di Indonesia. Melalui Jazz dan Civic Hatchback, Honda menguasai total pangsa pasar sebesar 62 persen di segmen Hatchback dengan penjualan 1.456 unit di Januari 2018.
"Penjualan model-model Honda di segmen Hatchback memberikan kontribusi sebesar 10,7 persen dari total penjualan Honda di bulan pertama tahun 2018. Lebih penting lagi, produk-produk Honda di segmen ini juga termasuk yang mengalami peningkatan penjualan yang paling signifikan dibanding bulan sebelumnya," kata Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor, dalam keterangannya kepada Republika.
Perolehan pangsa pasar tersebut meningkat dibandingkan pangsa pasar Honda di segmen Hatchback pada 2017 lalu yang tercatat sebesar 52 persen. Honda Jazz kembali tercatat sebagai model dengan penjualan tertinggi di segmen Hatchback setelah terjual sebanyak 1.195 unit, dengan pangsa pasar 51 persen pada Januari lalu. Penjualan Honda Jazz tersebut lebih tinggi 16 persen jika dibandingkan penjualan di Desember 2017, yang tercatat sebanyak 1.027 unit.
Sementara itu, Honda Civic Hatchback menyumbangkan tambahan pangsa pasar sebesar 11 persen bagi Honda di segmen Hatchback, setelah meraih penjualan 261 unit di Januari. Jumlah penjualan Honda Civic Hatchback tersebut juga meningkat dibanding penjualan di bulan Desember lalu, yang tercatat sebanyak 24 unit.
"Kami percaya penjualan produk-produk Hatchback Honda di awal tahun ini akan menjadi modal yang baik untuk bulan-bulan mendatang," ujar Jonfis.
Sepanjang Januari 2018, sebanyak 2.349 unit mobil di segmen Hatchback yang terjual di Indonesia, atau sekitar 2,5 persen dari total penjualan mobil di Indonesia yang mencapai 95.892 unit. Honda mencatat total penjualan 13.572 unit mobil di Januari 2018, dengan pangsa pasar 14,2 persen dari total pasar otomotif Indonesia. Honda Brio, Honda HR-V dan Honda Mobilio menjadi tiga model penyumbang penjualan terbesar untuk Honda di Januari 2018.