Rabu 24 Oct 2018 19:33 WIB

Avanza dan Rush Sumbang Penjualan Terbesar Toyota

Penjualan September mendorong pangsa pasar Toyota menjadi 32 persen

Rep: Rossi Handayani / Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Mobil Grand New Avanza dan Grand New Veloz saat peluncuran di Jakarta, Rabu (12/8).
Foto: Antara/Wahyu Putro A
Mobil Grand New Avanza dan Grand New Veloz saat peluncuran di Jakarta, Rabu (12/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Toyota Astra Motor menyebutkan sepanjang September angka penjualan wholesales (WS) perseroan mencapai 29.821 unit.Dengan penjualan terbesar datang dari Avanza dan Rush.

Pencapaian September tersebut mendorong pangsa pasar Toyota meningkat hingga 32 persen. Padahal bulan sebelumnya Toyota hanya membukukan pangsa pasar 30,5 persen.

"Dalam dua bulan terakhir, konsumen terlihat lebih memperketat pengeluarannya, termasuk untuk pembelian kendaraan. Kami bersyukur, market share Toyota di bulan September ini meningkat menjadi 32 persen," kata Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto, dalam keterangannya kepada Republika.co.id, Rabu (24/10).

Pertumbuhan pangsa pasar tersebut berasal dari segmen MPV dan SUV. Total penjualan segmen MPV pada September mencapai 17.767 unit sehingga semakin memperkuat posisi Toyota sebagai market leader dengan pangsa naik menjadi 46,1 persen dibanding bulan sebelumnya 43,63 persen. Penyumbang terbesar berasal dari penjualan Avanza yang mencapai 6.151 unit atau berkontribusi sekitar 34,6 persen dari total MPV, disusul dengan Kijang Innova yang berkontribusi 29,1 persen.

Untuk segmen SUV, penjualan pada September tercatat 7.929 unit. Dua andalan Toyota di segmen ini yaitu Rush dan Fortuner berhasil meraih kinerja mengesankan seperti terlihat pada peningkatan pangsa pasar.

Penjualan Rush pada September mencapai 5.797 unit dan membukukan market share 44,8 persen. Di segmen high SUV, Fortuner juga mengalami pertumbuhan pangsa yang lebih signifikan. Dengan angka penjualan 2.093 unit, pangsa pasar Fortuner pada September sudah mencapai 42,6 persen, meningkat dibandingkan bulan sebelumnya 37,4 persen.

Di segmen hatchback, total penjualan pada September mencapai 2.789 unit di mana kontribusi terbesar berasal dari penjualan Agya yang mencapai 2.437 unit, atau berkontribusi sekitar 87,4 persen dari total penjualan hatchback Toyota. "Di segmen entry hatchback kelas 1.200 cc, market share Agya mencapai lebih dari 61 persen. Ini menunjukkan minat pelanggan terhadap Agya masih sangat besar, khususnya di segmen 1.200 cc," kata Soeryo. 

Toyota Agya hadir sebagai kendaraan dengan kualitas global (global quaility standard), dan didukung jariangan layanan purna jual yang tersebar luas, membuat Agya banyak diminati masyarakat. Durability kendaraan yang memiliki pilihan mesin 1.200 cc ini juga sudah teruji di berbagai lomba motorsport.

Bersama Toyota Team Indonesia (TTI), Agya tercatat berulang kali menduduki posisi juara lomba motorsportsnasional, termasuk berhasil tampil secara mengesankan pada ajang Asia Auto Gymkhana Competition.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement