Rabu 15 Jan 2020 19:17 WIB

Ditopang Seri Countryman, MINI Catat Rekor Penjualan

Seri Countryman menopang penjualan MINI di Indonesia.

Seri Countryman menopang penjualan MINI di Indonesia pada 2019.
Foto: Antara/Muhammad Iqbal
Seri Countryman menopang penjualan MINI di Indonesia pada 2019.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- MINI, merek ikonis asal Inggris yang bernaung di bawah BMW, mencatatkan rekor penjualan pada tahun 2019 di Indonesia. BMW Group Indonesia melalui keterangan tertulisnya pada Rabu menyatakan bahwa penjualan MINI melonjak ke rekor 700 unit pada 2019, melompat hingga 34,6 persen dari penjualan 520 unit pada periode sebelumnya.

Adapun model yang menjadi sorotan adalah MINI Countryman yang terjual 273 unit. Angka penjualannya naik 46,8 persen dari 186 unit pada tahun sebelumnya.

Baca Juga

Model lainnya, MINI 3-Door, juga naik menjadi 260 unit. Kenaikan itu setara  32 persen dari tahun sebelumnya sebanyak 197 unit.

"Dengan peningkatan tersebut dan tumbuhnya brand awareness BMW dan MINI di Indonesia, BMW Group Indonesia yakin dapat terus tumbuh dan memenuhi kebutuhan pelanggan di Indonesia yang terus berkembang,” kata Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia dalam keterangan tertulisnya.

BMW

Penjualan kendaraan baru merek BMW juga naik enam persen pada 2019 menjadi 2.500 unit. Pada tahun sebelumnya, BMW menjual 2.360 unit.

Penjualan BMW ditopang permintaan kuat pada model Sports Activity Vehicle (SAV), seperti BMW X3, yang mencatat pertumbuhan tertinggi dari semua model. Angka kenaikannya 119 persen atau terjual penjualan 265 unit.

Model BMW X5 terjual 327 unit disusul BMW X1 yang berkontribusi 26 persen dari total penjualan. Berikutnya, BMW Seri 3 sebesar 24 persen dan BMW Seri 5 sebanyak 17 persen.

Ramesh optimistis penjualan BMW di tahun 2020 akan semakin baik sejalan dengan pertumbuhan yang kuat di Indonesia. Terlebih, BMW memiliki jajaran model inovatif dan rencana strategis yang baik untuk menangkan segmen pasar target baru,

"BMW Group Indonesia yakin akan hadapi tantangan tahun ini dan mencapai pertumbuhan yang kuat di Indonesia," kata dia.

Menurut Ramesh, Indonesia memiliki basis konsumsi domestik yang besar dan kelas menengah ke atas yang terus tumbuh. Sementara itu, BMW Group Indonesia percaya akan terus tumbuh secara substansial.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement