REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Tahun lalu merupakan pasar yang berat bagi industri otomotif. Tahun ini, sejumlah pabrikan pun berharap kondisi pasar akan lebih baik. Berkaitan dengan ekpektasi itu, pada awal 2020, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pun berhasil menorehkan pencapaian positif.
4W Sales Director PT SIS, Makmur mengatakan, pada periode Januari-Desember 2019, Suzuki mencatat peningkatan pangsa pasar retail sales sebesar 10 persen. "Pada Januari 2020, kami kembali mencatat peningkatan pangsa pasar retail sales sebesar 12,5 persen," kata Makmur dalam ketarangan pers kepada Republika.co.id pada Ahad (1/3).
Selama Januari 2020, New Carry Pick Up menjadi kontributor terbesar dalam penjualan Suzuki secara nasional dengan retail sales sebanyak 5.704 unit dan berkontribusi sekitar 56 persen dari seluruh total penjualan. Ia menekankan, pencapaian ini semakin mendorong New Carry Pick Up sebagai Rajanya Pick Up karena berhasil menguasai pangsa pasar kendaraan niaga ringan.
Pangsa pasar New Carry Pick Up pada 2019 sendiri adalah sebesar 57 persen. Pada Januari 2020, catatan market share produk tersebut pun melonjak jadi 64 persen.
“Pencapaian Suzuki di awal tahun ini tidak lepas dari penjualan New Carry Pick Up yang terus meningkat. Di bulan Januari, retail sales New Carry Pick Up meningkat 37,9 persen jika dibandingkan dengan Januari tahun lalu. Raihan ini pun semakin mengukuhkan Suzuki Carry Pick Up sebagai Rajanya Pick Up,” ujarnya.
Keberhasilan New Carry Pick Up sebagai kendaraan komersial yang paling banyak digunakan bukannya tanpa alasan. Ia menilai, mesin yang bandel, bahan bakar irit, dan biya perawatan yang murah membuat New Carry Pick Up dicari oleh para pengusaha kecil, menengah, hingga pengusaha berskala besar.
Berdasar data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), pencapaian Suzuki pada awal tahun ini membuatnya berada pada posisi keempat dalam peringkat penjualan.
Total, pada Januari 2020, pabrikan Jepang ini mengantongi penjualan 10.512 unit. Suzuki pun unggul seribu unit lebih banya dibanding Mitsubishi yang berada di posisi lima dengan penjualan total 9.179 unit.
Selain New Carry Pick Up, All New Ertiga juga memberikan kontribusi yang sangat signifikan terhadap total penjualan Suzuki. Hal ini terlihat dari kenaikan retail sales All New Ertiga dari 12 persen di bulan Januari-Desember 2019 menjadi 15 persen di bulan Januari 2020.
Menurutnya, semua pencapaian ini tentunya tak lepas dari respons positif dan dukungan pelanggan yang selalu memberikan kepercayaan kepada produk-produk Suzuki selama ini. Untuk itu, Suzuki pun terus berupaya memberikan berbagai kejutan dan program promo menarik bagi pelanggan yang ingin membeli produk-produk unggulan Suzuki seperti XL7.
Selama periode Februari hingga Maret 2020, setiap pelanggan yang membeli XL7 akan mendapatkan IPhone 11 dan gratis layanan perawatan berkala dan suku cadang hingga 50 ribu kilometer Selain itu, untuk memudahkan konsumen mendapatkan XL7, ada program Free Angsuran hingga tiga kali, DP terjangkau, tenor sampai dengan 7 tahun, hingga angsuran ringan mulai dari Rp 3 juta.
“Kami berterima kasih atas kepercayaan masyarakat yang telah memilih produk Suzuki sebagai teman andalan dalam setiap perjalanan. Pencapaian angka penjualan ini memotivasi kami untuk dapat memenuhi kebutuhan pelanggan akan produk dan layanan aftersales yang berkualitas,” kata dia.