REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA--Pasar sepeda motor jenis "matic" secara nasional semakin menjanjikan pada 2012 karena kian besarnya animo masyarakat kendaraan bermotor di Tanah Air untuk menggunakan moda transportasi darat itu.
"Apalagi, secara bisnis pertumbuhan penjualan sepeda motor `matic` di Indonesia sangat baik atau meningkat sekitar 12,6 persen setiap tahun," kata Manajer Operasional PT Banyuwangi Motor (BM Lube) Surabaya Rahmat Sulistyo yang ditemui dalam pengenalan BM Lube Molytech Matic, di Surabaya, Minggu.
Menurut dia, mayoritas pengguna sepeda motor "matic" saat ini berada di Pulau Jawa seperti Jakarta dan Jawa Timur. Hal tersebut juga didukung oleh banyaknya produsen sepeda motor "matic" yang gencar menawarkan produk terbarunya kepada masyarakat.
"Untuk itu, dengan pengenalan oli yang diproduksi khusus bagi motor `matic` kami optimistis bisa mencatatkan angka penjualan Rp 2 triliun per bulan," ujarnya.
Besaran nominal tersebut, kata dia, setara dengan penguasaan pangsa pasar oli nasional antara satu hingga tiga persen dari seluruh pasar oli di Tanah Air pada tahun ini.
"Keoptimisan ini karena oli yang kami produksi di Jakarta memiliki kandungan bahan yang antioksidan sehingga tidak mudah menguap seperti oli lain," katanya.
Di sisi lain, terkait keyakinannya dengan target penjualan oli pada tahun 2012, tambah dia, indikator hal tersebut di antaranya performa produknya yang mampu memperpanjang umur kendaraan.
"Bahkan, membantu pengguna motor `matic` mendapatkan kondisi kendaraan dengan suhu stabil, akselerasi maksimal, dan bisa menempuh jarak hingga 10.000 kilometer," katanya.