Jumat 02 Nov 2012 19:37 WIB

Honda Goldwing, Motor Berkantong Udara

Red: Taufik Rachman
Honda Goldwing
Honda Goldwing

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Mobil dengan perlengkapan keselamatan kantong udara (air bag) sudah biasa, tapi jika itu ada pada sepeda motor, mungkin luar biasa.

Begitulah yang dilakukan PT Astra Honda Motor (AHM), melengkapi sepeda motor touring Honda Goldwing dan perlengkapan keselamatan kantung udara dan akan terbuka ketika terjadi kecelakaan.

"Model ini memang satu-satunya, model Honda yang memiliki air bag dan saat ini AHM tidak menjual. Untuk membelinya bisa lewat importir," kata Head of Corporate Communication PT Astra Honda Motor (AHM) Kristanto ketika menghadiri pameran sepeda motor Jakarta (JMCS) 2012 di Jakarta pada Jumat (2/11).

Model yang tampil serba putih itu menggunakan mesin SOHC, 2 silinder valve dengan transmisi lima percepatan, bobotnya 412 kg, kapasitas tangki bahan bakar 25 liter dan konsumsi bahan bakar 35mpg.

Motor yang berharga ratusan juta rupiah itu sudah memiliki fitur satelit navigasi, sistem audio anti-lock braking, cruise control dan sistem pengereman ABS.

Sejak 1990 Honda aktif mengembangkan keselamatan dengan menganalisa dan melakukan pengetesan terhadap berbagai situasi tabrakan pada motor.

Pada 2000, Honda mengaplikasi sistem kantung udara untuk pertama kalinya pada Goldwing. Sistem kantung udara itu menggunakan sabuk pengikat yang menyangga kantung udara ke rangka motor sehingga jika terjadi tabrakan cedera pengendara tidak terlalu parah.

Di Indonesia, motor itu biasa digunakan oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

  • 1 kali
  • 2 kali
  • 3 kali
  • 4 kali
  • Lebih dari 5 kali
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement