REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Astra Honda Motor (AHM) secara keseluruhan merajai pasar sepeda motor Indonesia. Namun, pabrikan ini masih belum bisa unggul di segmen kategori motor sport.
"Di segmen sepeda motor sport, pangsa pasar AHM meningkat untuk periode Januari-November 2013 dengan menguasai 36,4 persen atau mampu menjual 367.455 unit. Tetapi angka tersebut masih kedua terbesar nasional atau masih di bawah merek lain," kata Direktur Pemasaran PT AHM Margono Tanuwijaya di Banten, Jumat (13/12).
Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), pada periode Januari-November 2013 AHM meraih 60,4 persen pangsa pasar atau menjual 4.357.660 unit.
Angka itu tumbuh 15 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Bahkan, melebihi pertumbuhan pasar motor nasional yang hanya 8,5 persen.
Berdasarkan segmentasi di pasar sepeda motor bebek, AHM menjual 818.735 unit atau memenangi 49,4 persen pangsa pasar. Di segmen skuter matik, AHM menguasai 70 persen pasar atau menjual 3.171.470 unit motor. Angka tersebut tumbuh 21 dibandingkan Januari-November 2012 yang hanya 3.171.470 unit.