REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Astra Honda Motor (AHM) memperkenalkan kampanye keselamatan berkendara melalui tagline #Cari_Aman di Jakarta, Rabu (29/3). Honda berupaya menyuguhkan perspektif baru bagi generasi muda, agar dapat meningkatkan minat, dan komitmen mereka dalam keselamatan berkendara.
"Bagi Honda, keamanan begitu penting secara global. Dan di Indonesia, AHM punya fokus yang sama, hari ini kami mulai kampanye #Cari_Aman," kata Presiden Direktur AHM, Toshiyuki Inuma di Jakarta. Adapun #Cari_Aman merupakan ungkapan yang sangat populer di kalangan generasi muda. Kata ini mengandung makna bersikap hati-hati, dengan tetap mengangkat sisi keseruan khas anak muda.
Toshiyuki Inuma mengatakan, sebagai pemimpin pasar sepeda motor di Indonesia, AHM menempatkan keselamatan berkendara sebagai prioritas utama. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mengampanyekan keselamatan berkendara mulai dari sumber daya manusia, edukasi, teknologi sepeda motor, komunikasi aktif ke publik, pembangunan infrastruktur safety riding center, serta menghadirkan simulator berkendara Honda Riding Trainer (HRT).
Dalam 15 tahun terakhir, Honda telah memelopori pengembangan lebih dari 15 ribu program safety riding untuk jutaan orang, melahirkan 150 instruktur safety riding, dan 2.200 advisor safety riding di jaringan Honda. Selain itu juga mengaplikasikan teknologi keamanan di banyak sepeda motor Honda, seperti teknologi ABS dan CBS, mendirikan lima safety riding center, dan menyebarkan 921 alat simulasi berkendara Honda Riding Trainer yang telah dimanfaatkan oleh lebih dari 12 juta pengguna.
Executive Vice President Director AHM, Johannes Loman mengungkapkan, perusahaan ingin meningkatkan kesadaran dan pandangan baru terkait pentingnya keselamatan berkendara kepada seluruh masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda. Melalui kampanye #Cari_Aman, AHM berharap keselamatan berkendara dapat menjadi sebuah gerakan bersama secara nasional bagi seluruh generasi muda di Indonesia.
"Kami ingin anak muda memiliki pemikiran yang berbeda dengan perspektif baru tentang keselamatan, melalui bahasa yang ringan, dan seru khas anak muda. Kami ingin mereka menyadari bahwa mengenakan perlengkapan keselamatan berkendara tidak hanya demi keselamatan, tetapi bisa menjadi bagian dari gaya hidup," ungkap Johannes Loman.
Ia melanjutkan, helm dan jaket tidak hanya akan membuat pengendara aman saat berkendara, tetapi juga dapat membuat terlihat lebih menarik, keren, dan stylish. Honda pun memahami betapa energiknya para anak muda dalam beraktivitas. Oleh karena itu, untuk mengantarkan mereka meraih banyak hal berharga dalam hidup dan mencapai impian mereka, hal pertama kali yang perlu mereka lakukan adalah #Cari_Aman.
Komitmen besar AHM dalam keselamatan berkendara dimulai dari 2002. AHM memulainya dengan mempersiapkan sumber daya manusia yang mumpuni dengan menyiapkan instruktur safety riding yang handal. Setiap tahun, AHM mengirimkan perwakilan terbaiknya untuk menimba ilmu keselamatan berkendara, dan mengasah kompetensi dalam kompetisi keterampilan instruktur safety riding di Jepang.
AHM beserta jaringan diler utama juga mengembangkan Safety Riding Center yang telah tersebar di lima kota, yaitu Serang yang dikembangkan oleh PT Mitra Sendang Kemakmuran sebagai main dealer area Serang, Safety Riding Center Jatake yang dikembangkan oleh PT Wahana Makmur Sejati sebagai main dealer area Jakarta, Tangerang, Safety Riding Center Jambi yang dikembangkan oleh PT Sinar Sentosa Primatama sebagai main dealer area Jambi, Safety Riding Center Sidoarjo yang dikembangkan oleh PT Mitra Pinasthika Mulia sebagai main diler area Jatim dan NTT, dan Safety Riding Center Yogyakarta yang dikembangkan oleh Astra Motor Yogyakarta.