Kamis 24 Mar 2022 06:47 WIB

Tampil di MotoGP Mandalika, Budi Luhur Perkenalkan Motor Listrik

Tampil di ajang Internasional ini menjadi penyemangat para mahasiswa dan dosen

Red: Hiru Muhammad
Universitas Budi Luhur melalui Pusat Studi Kendaraan Listrik (PSKL) mendapat undangan dari Kementerian Koperasi dan UKM, untuk berpartisipasi pameran UKM MotoGP Mandalika 2022 18 hingga 20 Maret. Di pameran yang berlokasi Kawasan Sirkuit Pertamina Grand Prix Mandalika G1 Gate A ini, Pusat Studi Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur pamerkan motor listrik BL-SEV01.
Foto: istimewa
Universitas Budi Luhur melalui Pusat Studi Kendaraan Listrik (PSKL) mendapat undangan dari Kementerian Koperasi dan UKM, untuk berpartisipasi pameran UKM MotoGP Mandalika 2022 18 hingga 20 Maret. Di pameran yang berlokasi Kawasan Sirkuit Pertamina Grand Prix Mandalika G1 Gate A ini, Pusat Studi Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur pamerkan motor listrik BL-SEV01.

REPUBLIKA.CO.ID, MANDALIKA--Universitas Budi Luhur melalui Pusat Studi Kendaraan Listrik (PSKL) mendapat undangan dari Kementerian Koperasi dan UKM, untuk berpartisipasi pameran UKM MotoGP Mandalika 2022 18 hingga 20 Maret. Di pameran yang berlokasi Kawasan Sirkuit Pertamina Grand Prix Mandalika G1 Gate A ini, Pusat Studi Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur pamerkan motor listrik BL-SEV01.

Rangkaian kegiatan diawali dengan pameran pertama di SMESCO Jakarta pada tanggal 5 Maret 2022, yang di ikuti oleh ratusan UKM di seluruh wilayah Indonesia. Dari keseluruhan peserta tersebut, akan dipilih mengikuti pameran UKM Goes To Mandalika yang bersamaan dengan event Internasional Seri ke-2 MotoGP 2022. Pusat Studi Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur dengan motor listrik BL-SEV01 akhirnya terpilih menjadi peserta pameran di Pertamina Grand Prix of Indonesia Seri-2 MotoGP 2022. 

Baca Juga

Kepala Pusat Studi Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur Sujono. ST. MT mengaku sangat bangga bisa menjadi bagian dari perhelatan Internasional MotoGP. "Karya kami di bidang pengembangan kendaraan listrik bisa dikenal oleh ribuan pengunjung baik masyarakat domestik maupun mancanegara yang hadir di Mandalika,” kata dosen Teknik Elektro Universitas Budi Luhur ini.

Banyak hal positif yang kami dapatkan dari kegiatan tersebut, diantaranya pengembangan networking dari sesama penggiat UKM. “Review dan masukan dari pengunjung tentunya kami jadikan referensi dalam pengembangan produk kami dibidang kendaraan listrik khususnya sepeda motor listrik. Selain itu dengan adanya pameran di ajang Internasional ini menjadi penyemangat para mahasiswa dan dosen khususnya Teknik Elektro Universitas Budi Luhur untuk membuat karya yang lebih baik dan diterima oleh masyarakat,” tegas Sujono. 

Pada pameran ini, booth Pusat Studi Kendaraan Motor Listrik Universitas Budi Luhur menjadi daya tarik sendiri oleh pengunjung. Motor listrik BL-SEV01 dikunjungi langsung oleh Teten Masduki selaku Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan menengah. Teten Masduki mengapresiasi motor listrik karya anak bangsa yang dikerjakan langsung oleh mahasiswa dan dosen. “Universitas Budi Luhur satu-satunya Universitas yang ikut dalam pameran bergengsi ini dan konsisten dalam pengembangan kendaraan listrik,” jelasnya Sujono.

Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Kasih Hanggoro, MBA dalam keterangan tertulisnya Rabu (23/3/2022) menambahkan, motor listrik BL-SEV01 memiliki kesempatan baik tampil di pameran  event internasional seperti MotoGP 2022. Motor Listrik BL-SEV01 karya Universitas Budi Luhur bisa dikenal oleh penonton MotoGP yang jumlahnya puluhan ribu. Selain itu konsistensi Pusat Studi Kendaraan Motor Listrik Universitas Budi Luhur dalam membuat kendaraan listrik mulai dilihat oleh masyarakat dan pihak pemerintah. Mudah-mudahan kami bisa mempertahankan konsistensi membuat kendaraan listrik dengan kualitas terbaik dan keren,” kata Kasih Hanggoro. 

Spesifikasi BL-SEV01 didukung dengan motor listrik BLDC 96 Volt dengan tenaga mencapai 16 kW PEAK, didukung oleh baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere. Alhasil, sepeda motor ini bisa melaju hingga 140 kilometer untuk sekali pengisian baterai, dengan waktu pengisian 4 jam. Saat Touring Jakarta – Mandalika motor listrik BL-SEV01 Jakarta – Mandalika, membawa 3 set baterai yang masing – masing mampu menempuh 100 – 140 km sekali. Jadi ketika baterai habis tim BL-SEV01 langsung mengganti baterai dengan sistem swab. Rata – rata menempuh perjalanan 300 kilometer. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement