REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Honda Brio tak lelah mengejutkan dunia otomotif Indonesia. Setelah mengguncang penjualan hingga ribuan unit, Honda Brio kembali merebut perhatian insan media tanah air.
Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot) mengumumkan Honda Brio sebagai pemegang gelar ''Forwot Car of The Year 2012''. Brio, hatchback kelas city car yang baru dipasarkan bulan Agustus 2012, meraih nilai tertinggi, 159 point, dalam sebuah proses penjurian yang melibatkan 25 wartawan otomotif dari berbagai media massa nasional. Honda Brio menyisihkan empat kandidat lainnya, Suzuki Ertiga, All-new Ford Focus, New Toyota Camry, dan Mazda CX-5.
Nilai Honda Brio sendiri hanya selisih tiga poin dari peringkat kedua, Suzuki Ertiga. Sementara di posisi ketiga hingga kelima diraih All-new Ford Focus (119 point), New Toyota Camry (113 point), dan New Mazda CX-5 (81 point). Ketua Pelaksana FCY 2012, Syakur Usman, mengatakan kemenangan Honda Brio merupakan hasil penjurian yang ketat, profesional dan bertanggung jawab.
Forwot sendiri, menurut Syakur menghormati hasil penilaian ini sebagai bentuk apresiasi kepada produk otomotif terbaik yang pantas dikonsumsi oleh konsumen otomotif di Indonesia. FCY 2012 merupakan event pemilihan mobil terbaik yang berbeda dari event serupa di tanah air. Hal ini karena event independen ini hanya memilih satu mobil terbaik dari semua kategori mobil.
''Jika yang lain berdasar pada kategori mobil, kami menilai tiap kategori,'' ungkap dia di sela-sela acara Indonesia International Motor Show 2012, Jakarta International Expo, Rabu (26/9).
Kelima kendaraan ini, ungkap Syakur juga mewakili lima kategori kendaraan yang digandrungi masyarakat Indonesia. Seperti Brio yang mewakili kelas hatchback, ertiga kelas MPV, Ford All New Focus dan New Camry untuk sedan kelas menengah. Kemudian untuk mazda CX-5 mewakili SUV