Kamis 27 Jul 2017 06:02 WIB

BNPB Kerahkan Dua Heli Kirim Logistik ke Belitung Timur

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Hazliansyah .
Kondisi banjir di Belitung Timur
Foto: Ist
Kondisi banjir di Belitung Timur

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengerahkan dua helikopter jenis Bolco dan MI-17 untuk melakukan pemantauan banjir dan distribusi logistik. Heli MI-17 mengangkut logistik berupa makanan siap saji, kidwear, perahu karet, dan lainnya yang akan disalurkan ke Kabupaten Belitung Timur.

Kepala BNPB Willem Rampangilei mengatakan, pantauan dari udara terlihat bahwa masih banyak perumahan penduduk yang terendam banjir hingga atap rumah. Banjir belum surut karena debit sungai masih tinggi. Akses jalan terendam banjir. Distribusi bantuan dapat disalurkan dari udara dan perahu.

"Kita belum memperoleh data jumlah penduduk yang terdampak dan jumlah pengungsi yang lengkap. TNI dan Polri telah kita minta untuk mempercepat pendataan," tutur dia saat meninjau kondisi banjir di Belitung Timur dari pantauan udara, melalui keterangan pers yang diterima, Rabu (26/7).

Willem bersama Bupati Belitung, Kapolres Belitung dan Sekretaris Provinsi Bangka Belitung telah meninjau lokasi banjir di beberapa daerah di Belitung Timur dengan menggunakan heli Bolco. Berdasarkan pantauan dari udara, daerah yang masih parah terendam banjir adalah di Kecamatan Gantung.

Willem menambahkan banjir menyebabkan badan jalan amblas yakni di Dusun Selumar Desa Selunsing Kecamatan Gantung Kabupaten Belitung Timur. Banjir di titik ini terlihat sudah surut. Namun kendaraan tidak dapat melewati. Begitu juga jembatan roboh di Desa Batu Penyu Kecamatan Gantung dan Desa Lilangan Belitung Timur tidak dapat dilalui kendaraan.

"Kita bicarakan dengan Dinas PU dan Kementerian PU Pera untuk mengatasi darurat jembatan dan jalan tersebut," tambah Willem.

Banjir masih merendam beberapa daerah hingga ketinggian dua meter di Belitung Timur. Adanya beberapa jembatan yang roboh dan jembatan yang amblas menyebabkan beberapa wilayah di Kecamatan Gantung dan Manggar terisolir karena belum dapat dijangkau.

Willem pada hari ini juga menyerahkan secara simbolis bantuan kepada Wakil Gubernur Bangka Belitung. Bantuan berupa perahu karet kapasitas 10 orang 1 buah, mesin perahu karet 25 pk 1 buah, dayung perahu 2 buah, tali evakuasi 1 buah, jas hujan 2 buah, ban dalam 4 buah, dan berbagai jenis lainnya diberikan untuk para korban.

"Bantuan tersebut diangkut sebanyak dua sorti dan segera disalurkan kepada korban banjir", ujar Direktur Tanggap Darurat BNPB Junjungan Tambunan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement