Kamis 27 Jul 2017 12:15 WIB

Motor tak Boleh Lewati JLNT Casablanca? Ini Alasannya

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Andi Nur Aminah
Kendaraan melintasi Jalan layang Non Tol (JLNT) kasablanka-Tanah Abang, Jakarta, Senin (15/9).(Republika/ Yasin Habibi).
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Kendaraan melintasi Jalan layang Non Tol (JLNT) kasablanka-Tanah Abang, Jakarta, Senin (15/9).(Republika/ Yasin Habibi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sepeda motor dilarang melintasi Jalan Layang Non Tol Casablanca (JLNT Casablanca). Wakil Dinas Perhubungan dan Transportasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta (Wakadishub Pemprov DKI Jakarta), Sigit Wijatmoko mengungkapkan alasan mengapa sepeda motor tidak boleh melintasi JLNT Casablanca.

Menurutnya, ada pertimbangan teknis dan non teknis. "Pertimbangan teknisnya, jalan itu relatif panjang ya dengan tekanan angin yang relatif besar, titik pengaman (di pinggir JLNT Casablanca) tidaklah tinggi makanya tidak direkomendasikan untuk dilalui motor," ujar Sigit saat dihubungi oleh Republika.co.id, Kamis (27/7).

Sementara itu alasan non teknisnya, sambung Sigit, lebih kepada perilaku pengendara motor. "Perilaku pengendaranya mungkin juga bisa berhenti untuk foto, untuk mengamati gedung-gedung di sekitar. Kan ini dari faktor keamanan yang kita khawatirkan," katanya.

Selain itu, sepeda motor yang masih menyerobot akan ditindak. Sebab, Sigit mengatakan, melanggar Undang-Undang 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. "Itu masuk dalan pelanggaran rambu. Rambunya ada rambu larangan (motor tidak boleh melintas," ujarnya.

Maka dari itu, sepeda motor bisa melewati Jalan Profesor Dr Satrio Karet Kuningan. Posisi jalan tersebut terletak di bawah JLNT Casablanca. "Jalur bawah juga bisa dipakai. Jalurnya juga eksisting," katanya.

Sebelumnya, Gubenur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat meminta para pengendara sepeda motor yang melintas di JLNT Casablanca agar ditindak secara tegas. "Kalau ada pengendara motor yang naik ke JLNT Casablanca, solusinya cuma satu, harus ditangkap. Jadi, supaya tidak ada lagi motor yang melintas di situ," kata Djarot di Balai Kota, Senin (24/7).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement