Senin 31 Jul 2017 01:18 WIB

India Sita Heroin Terbesar Sepanjang Sejarah

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Indira Rezkisari
Heroin (ilustrasi)
Foto: REUTERS
Heroin (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Pihak berwenang India telah menyita heroin seberat 1.500 kilogram dari sebuah kapal di lepas pantai negara bagian barat Gujarat. Ini merupakan tangkapan terbesar otoritas berwenang India dalam bidang narkotika.

Menurut sebuah pernyataan yang dirilis otoritas berwenang India, narkotika tersebut disita dari sebuah kapal dagang. Adapun nilai keseluruhan heroin yang berhasil disita ditaksir sekitar 550 juta dolar Amerika Serikat.

Juru bicara Angkatan Laut India D.K Sharma mengatakan tangkapan heroin seberat 1.500 kilogram ini merupakan yang terbesar dalam sejarah pemberantasan narkotika. "Ini adalah tangkapan narkotika tunggal terbesar hingga saat ini," ujar Sharma seperti dikutip laman BBC, Senin (31/7).

Kendati demikian, otoritas India belum merilis identitas pelaku pemilik heroin tersebut. Mereka hanya menerangkan bahwa kapal yang mengangkut heroin telah dibawa ke bagian barat Porbandar.

India merupakan bagian dari rute transit dalam perdagangan dan penyelunupan narkoba yang menguntungkan. Hal ini India, secara geografis, cukup dekat dekat dengan Afghanistan, yang notabene penghasil opium terbesar di dunia. Opium merupakan bahan baku utama untuk memproduksi heroin.

India sendiri memiliki masalah penyalahgunaan heroin yang serius, khususnya mereka yang tinggal di bagian utara Punjab. Sebuah penelitian menunjukkan, lebih dari 860 ribu pria berusia antara 15-35 tahun mengonsumsi beberapa jenis obat-obatan terlarang dan 53 persen di antaranya merupakan pecandu heroin.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement