Ahad 06 Aug 2017 06:26 WIB

Masyarakat Diajak Teropong Jupiter-Saturnus dari Gedung Sate

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Yudha Manggala P Putra
Seorang pengunjung menggunakan teropong. Ilustrasi
Foto: Antara/Kristian Ali
Seorang pengunjung menggunakan teropong. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Dalam rangka menyambut Hari Antariksa Nasional, Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menggelar Dark Sky Night (Malam Langit Gelap) dengan mengundang masyarakat untuk menikmati pesona antariksa di tengah kota.

Tidak perlu pergi jauh-jauh ke Boscha, masyarakat bisa meneropong bintang dan planet dari tengah Kota Bandung. Kepala Bagian Publikasi Setda Jawa Barat Ade Sukalsah mengatakan masyarakat diajak untuk menikmati dan mengamati benda-benda langit langsung di Halaman Gedung Sate, Kota Bandung, Ahad (6/8) malam esok.

Selain peneropongan Bulan, planet Saturnus dan Jupiter dengan teleskop, di Aula Barat Gedung Sate akan disiapkan mini planetarium yang dibuka dari pukul 17.00 WIB. "Acara peneropongan dimulai dari 20.00 WIB, dan kami meminta dukungan dari warga maupun perkantoran sekitar Gedung Sate untuk mematikan lampu depan atau luar ruangan, sejam saja," kata Ade, Sabtu (5/8).

Menurut Ade, selain peneropongan, acara ini juga akan dimanfaatkan untuk mengedukasi masyarakat mengenai antariksa, dan polusi cahaya. Kegiatan ini gratis diperuntukkan bagi masyarakat umum sebagai alternatif wisata sekaligus rangkaian menyambut Hari Jadi Provinsi Jawa Barat yang ke-72.