Kamis 10 Aug 2017 17:28 WIB

Mensos Sesalkan Meninggalnya Murid SD di Sukabumi

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa
Foto: ROL/Abdul Kodir
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menyesalkan kasus meninggalnya salah satu murid sekolah dasar (SD) Longkewang, Sukabumi, Jawa Barat berinisial SR (8), setelah diduga terlibat pertengkaran dengan temannya. "Karena terjadi di lingkungan sekolah maka pihak sekolah dalam hal ini guru kelas dan kepala sekolah harus bertanggung jawab," ujar Khofifah seusai pencairan Program Keluarga Harapan (PKH) Tahap III di Kabupaten Bandung Barat, Kamis (10/8).

Ia beranggapan, kasus itu terjadi karena ada unsur kelalaian yang dilakukan pihak sekolah khususnya guru. Menurutnya, guru tidak hanya berperan sebagai transformasi ilmu pengetahuan, tetapi juga mengajarkan etika dan adab kepada anak-anak.

Jika guru lebih peka dalam memonitor kegiatan peserta didiknya baik di dalam kelas maupun luar kelas, kasus seperti ini tidak akan terjadi. "Semestinya, guru bisa langsung merespons. Bisa dengan menengahi kedua anak itu, atau memanggil orang tuanya. Apabila sudah tidak bisa lagi, maka harus dicari solusi efektif sampai kemungkinan mengembalikan kepada orang tua," kata dia.

Meski begitu, kata dia, karena pelaku masih bawah umur maka bentuk hukuman yang diberikan berdasarkan Undang-undang Sistem Peradilan Pidana Anak (UU SPPA). "Proses hukum tetap bisa dilakukan, namun tetap harus mempertimbangkan hak-hak anak. Meskipun, dari aspek pidana, jelas ini sebagai bentuk kejahatan," kata dia.

Sebelumnya, seorang bocah kelas II SD, SR, meninggal dunia setelah terlibat perkelahian dengan temannya pada Selasa (8/8). Korban meninggal setelah mengalami benturan di kepalanya. SR diduga menjadi korban perundungan atau bullying dari teman-temannya.

Tak hanya dipukul, telinga SR disumbat menggunakan keripik dan disiram dengan minuman ringan. Saat ini peristiwa nahas tersebut sedang diselidiki jajaran Polres Sukabumi.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement