Senin 14 Aug 2017 14:42 WIB

Bank Peraih Nobel Beroperasi di Australia

Rep: Joanne Shoebridge dan Samantha Turnbull/ Red:
abc news
abc news

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Bank untuk rakyat miskin, yang memenangkan penghargaan Nobel Perdamaian segera beroperasi di kawasan pedalaman Australia.

Grameen Bank, didirikan oleh peraih Nobel Muhammad Yunus, adalah sebuah organisasi keuangan mikro yang menawarkan pinjaman kepada pengusaha pemula yang kurang beruntung di Kamboja, Filipina, Bangladesh dan Amerika Serikat. Perwakilan Grameen Australia saat ini berada di kota kecil Grafton, negara bagian New South Wales. Mereka berharap dapat segera meluncurkan program pertama mereka di Australia.

Direktur Masud Isa mengatakan banknya menawarkan pinjaman kecil, yang dikenal sebagai keuangan mikro, kepada orang miskin tanpa memerlukan jaminan. "Utamanya adalah orang-orang yang tidak bisa mendapatkan layanan finansial, mereka yang tidak dapat memberikan jaminan kepada bank, atau bank tidak menganggapnya mampu membayar pinjaman," kata Masud belum lama ini.

"Sebagian besar peminjam di Amerika adalah perempuan asal Amerika Latin dan warga kulit hitam Amerika yang berpenghasilan rendah dalam dan hidup dari bantuan sosial."