Rabu 16 Aug 2017 03:18 WIB

Artikel 'Muslim Problem' The Sun Picu Kemarahan

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Esthi Maharani
The Sun
Foto: Independent
The Sun

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON - Organisasi keagamaan Yahudi dan Muslim di Inggris telah mengeluarkan tuntutan bersama kepada dewan pers mengenai sebuah artikel yang diterbitkan surat kabar The Sun. Artikel berjudul 'Muslim Problem' itu dinilai berbau Islamofobia dan mirip seperti propaganda Nazi 'The Jewish Problem.'

Artikel tersebut ditulis oleh mantan editor politik The Sun, Trevor Kavanagh. Kavanagh menggambarkan bagaimana Inggris saat ini tengah dipengaruhi dengan masalah-masalah yang dibawa oleh umat Muslim.

Kavanagh berpendapat, Islam merupakan suatu ketakutan tak terucap yang telah menyatukan Inggris dan Eropa. Namun menurutnya, fenomena ini terjadi karena adanya tekanan politik yang diawali oleh mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair yang mengizinkan "migrasi massal" Muslim ke Inggris.

Artikel ini kemudian menyebabkan kemarahan pengguna media sosial di Inggris. Dewan Deputi Yahudi Inggris dan organisasi Tell Mama and Faith Matters, secara langsung mengeluarkan tuntutan kepada Independent Press Standards Organization (Ipso).