Senin 21 Aug 2017 15:10 WIB

Jokowi akan Kenakan Pakaian Sunda pada Puncak HUT RI

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Qommarria Rostanti
Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Puncak acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-72 akan dirayakan dengan kegiatan karnaval di Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (26/8). Jawa Barat terpilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan karnaval.

Kepala Kantor Staf Kepresidenan, Teten Masduki, mengatakan Presiden Joko Widodo dijadwalkan hadir dalam karnaval tersebut. Dalam acara bertemakan "Pesona Parahyangan" ini, Jokowi akan tampil dengan pakaian adat Sunda. "Pak Presiden akan hadir dan beliau akan menggunakan pakaian Sunda atau Jawa Barat. Pakaiannya sedang dirancang oleh para ahli di Jawa Barat," kata Teten usai menggelar rapat persiapan di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (21/8).

Karnaval ini diramaikan berbagai elemen masyarakat dan komunitas kreatif. Pelajar dan mahasiswa juga akan diikutsertakan menyambut kedatangan Presiden. Puncak perayaan kemerdekaan dengan parade karnaval ini telah diadakan yang ketiga kalinya. Sebelumnya karnaval diadakan di Pontianak dan Danau Toba.

Jokowi juga direncanakan ikut karnaval dengan menggunakan kendaraan khusus yang didesain meriah, kreatif, dan menunjukkan kekhasan Indonesia. Menurut Tetetn, Jawa Barat khususnya Kota Bandung, terpilih menjadi lokasi penyelenggaraan karena memiliki banyak seni dan komunitas kreatif. Sesuai dengan perayaan karnaval kemerdekaan setiap tahunnya yang ingin mengedepankan keunggulan suatu daerah.

Tahun ini pemerintah ingin menonjolkan kekayaan kreativitas yang dimiliki Kota Bandung. Kreativitas ini diharapkan dapat menggelorakan semangat keberagamaan dan kerja bersama yang ingin disampaikan lewat perayaan ini. "Festival kemerdekaan kita lihat keunggulan di masing-masing daerah. Waktu di Pontianak itu budaya air. Daerah yang memiliki budaya air mengirimkan peserta ke Pontianak. Di Danau Toba Festival danau. Sekarang kreativitas yang ingin ditampilkan," jelasnya.

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, mengatakan Kota Bandung siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan karnaval kemerdekaan. Pihaknya akan menyiapkan berbagai hal teknis untuk mendukung puncak peringatan HUT Kemerdekaan ke-72 RI tersebut. "Rutenya dari Gedung Sate, Jalan Dago, Jalan Merdeka. Presiden akan berhenti di Taman Vanda sisanya (peserta karnaval) mealnjurkan sampai Alun-Alun Kota Bandung. Persiapan teknis akan kita cek. Kita dukung all out. Kita akan pastikan lancar spektakuler," kata Emil, sapaan akrabnya.

Dia meminta masyarakat menyesuaikan diri saat acara diselenggarakan. Pasalnya beberapa ruas jalan akan ditutup. Masyarakat pun bisa menyaksikan parade tersebut secara terbuka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement