Rabu 23 Aug 2017 15:07 WIB

Trump Ancam Setop Pemerintahan demi Bangun Tembok Perbatasan

Rep: Puti Almas/ Red: Teguh Firmansyah
Presiden Amerika Serikat, Donald Trump
Foto: AP
Presiden Amerika Serikat, Donald Trump

REPUBLIKA.CO.ID, PHOENIX -- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump bersumpah akan menghentikan jalannya pemerintahan Paman Sam, Selasa (22/8). Langkah ini menurutnya dapat dilakukan jika diperlukan dalam upaya membangun tembok di perbatasan Meksiko.

Pada 25 Januari lalu, Trump telah menandatangani perintah eksekutif untuk membangun dinding di perbatasan AS dan Meksiko. Sesuai dengan janji kampanye sebelum pemilihan umum (pemilu) 2016, miliarder itu berulang kali mengatakan langkah itu diperlukan untuk memperkuat keamanan negara dan secara khusus mencegah arus imigran yang datang ke Negeri Paman Sam.

Namun, pembangunan ini terhalang karena Kongres AS yang masih mempertimbangkan apakah hal itu benar-benar diperlukan. Meski rincian biaya dan anggaran untuk pembuatan tembok tersebut dikeluarkan, namun hingga kini Senat negata itu belum memberikan persetujuan.

Di antara senator AS yang menolak pembangunan itu disebut berasal dari politisi Partai Demokrat. Karena itu, Trump yang merasa geram mengatakan bahwa mereka adalah penghalang utama dan membuat resiko besar bagi keamanan negara adidaya itu.