Jumat 25 Aug 2017 10:53 WIB

Santri Meninggal Setelah Selamatkan Nyawa Adik Kelasnya

Red: Ilham Tirta
Tenggelam di laut (ilustrasi)
Foto: Shutterstock
Tenggelam di laut (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MEULABOH -- Tim Search and Rescue (SAR) gabungan menemukan dan mengevakuasi jasad seorang santri yang hilang tenggelam di laut wilayah Desa Jabi, Kecamatan Setia Bakti, Kabupaten Aceh Jaya, Aceh. "Jumat pukul 06.30 WIB korban berhasil diketemukan oleh tim SAR gabungan dalam keadaan meninggal dunia (MD)," kata Koordinator Pos SAR Meulaboh, Dwi Hetno, Jumat (25/8).

Saat ditemukan, kondisi korban atas nama Sofyan (16 tahun) terdampar di pantai sekitar lokasi kejadian. Kemudian korban dibawa ke rumah duka, dan operasi pencarian orang hilang tenggelam di laut kawasan itu ditutup.

Sofyan merupakan salah seorang santri di Dayah Al-Anshar. Korban juga merupakan salah seorang siswa Sekolah Menengah Pertama (SMA) swasta Dayah Al-Anshar di Desa Jabi, Kecamatan Setia Bakti, Kabupaten Aceh Jaya. "Pos SAR Meulaboh menerima info dari personel BPBK Aceh Jaya tentang kecelakaan orang tenggelam di laut perairan Lhok Geulumpang Kamis petang. Tim langsung di gerakkan ke Aceh Jaya," katanya.

Pada Kamis (24/8), sekitar pukul 14.00 WIB, atau jam istirahat Dayah Al-Anshari, korban bersama beberapa orang temannya pergi ke pantai depan Dayah tersebut untuk bermain bola pantai. Sebagiannya ada yang memancing.

Setelah lama bermaian dan memancing, Sofyan bersama teman-temannya mandi di laut sehingga pada sekitar pukul 17.00 WIB, salah seorang terseret arus gelombang. Korban Sofyan berenang menyelamatkan adik kelasnya itu.

"Setelah Sofyan berhasil menolong dan menyelamatkan adik kelasnya, tiba-tiba korban tenggelam dan menghilang terseret arus," kata Akhyar salah seorang warga.

Saat kejadian itu, warga sekitar langsung menghubungi pihak terkait dan tibalah tim pencarian ke pantai tersebut, terdiri dari masyarakat, anggota Koramil Lageun, BPBK Aceh Jaya, Tagana dan anggota Radio Antar Penduduk Indonesia (RAP). Hingga Kamis pukul 18.45 WIB tim pencarian itu tidak berhasil menemukan korban karena mereka menggunakan perahu nelayan. Mereka menghubungi Pos SAR Meulaboh untuk mengerahkan personel melakukan pencarian santri tenggelam.

Dalam waktu bersamaan, Pos SAR Meulaboh juga menangani pencarian orang hilang tenggelam di Sungai Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, korban atas nama Samsul Bahri (25) yang juga telah ditemukan dalam kondisi meninggal pada Kamis pukul 17.05 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement