Senin 28 Aug 2017 17:31 WIB

Mendes Pakai Drone Pantau Kebakaran Gedung Transmigrasi

Red: Andi Nur Aminah
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo
Foto: Republika/Prayogi
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo turun tangan memantau langsung lokasi kebakaran di lantai tiga Gedung Transmigrasi Kemendes PDTT Jakarta, Senin (28/8) pagi. Menteri Eko menerbangkan drone atau pesawat kamera tanpa awak sekitar pukul 10.00 WIB saat asap mulai berkurang, tepat di depan jendela ruang yang terbakar.

Setelahnya, ia juga memantau kondisi lantai empat gedung Transmigrasi yang terkena dampak kebakaran. Menteri Eko mendatangi lokasi kebakaran dipandu sejumlah petugas pemadam kebakaran Suku Dinas Jakarta Selatan dengan menggunakan alat pengaman pernafasan atau breathing apparatus. "Yang saya lihat tidak ada berkas yang terbakar. Penanganannya tadi cepat. Saya tidak ingin mengambil kesimpulan apa penyebab utamanya," ungkapnya.

Menteri Eko akan mengevaluasi perawatan gedung perkantoran dan meminta pihak kepolisian untuk segera mengusut peristiwa yang terjadi di kantornya. Selain itu, Eko juga mengapresiasi kecepatan petugas pemadam kebakaran yang mengendalikan keadaan.

"Saya berterima kasih kepada petugas Damkar yang dengan cepat melokalisir kebakaran sehingga api tidak cepat merembet ke ruangan dan gedung lainnya. Saya juga minta polisi segera turun untuk mengusut peristiwa ini," jelasnya.