Jumat 01 Sep 2017 17:32 WIB

Ratusan Sapi Kurban Terkena Cacing Hati

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Nur Aini
Hewan kurban.
Foto: Antara
Hewan kurban.

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUMAS -- Petugas pengawas hewan kurban Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Banyumas, menemukan cukup banyak sapi kurban yang terserang cacing pada organ hatinya. Menurut Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Banyumas, Sugiyatno, hingga Jumat (1/9) petang pukul 16.00 WIB, tercatat ada 668 sekor sapi dan 1.267 ekor kambing yang disembelih sebagai hewan kurban. 

"Dari hewan sapi yang disembelih tersebut, ada 176 ekor yang mengandung cacing di organ hatinya. Jadi ada sekitar 20 persen dari seluruh sapi kurban, yang bagian hatinya terkena cacing hari," ujarnya.

Meski demikian dia menyebutkan, daging sapi yang terserang cacing pada bagian hatinya, tetap layak dikonsumsi. Hanya bagian hatinya saja yang tidak boleh dikonsumsi, karena tidak sehat. "Yang penting, saat hendak dikonsumsi dagingnya dimasak hingga matang," ujarnya.

Dia menyebutkan, hati hewan kurban yang ada cacing hatinya, sudah diminta untuk dimusnahkan dengan cara dibakar atau dikubur. "Sebaiknya memang jangan dikonsumsi, karena meski dimasak dengan suhu tinggi seringkali cacingnya tidak mati," ujarnya.

Sugiyanto juga menyatakan, pada Hari Raya Idul Adha ini pihaknya menerjunkan  64 petugas pengawas yang memantau pelaksanaan penyembelihan hewan kurbam. Selain dari petugas Disnakan, juga melibatkan dokter hewan dan mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. 

Dokter Hewan Dinas Perikanan dan Peternakan, Kabupaten Banyumas Indah Setyawati Sukarno Putri menyebutkan, berdasarkan  pantauanya setiap Idul Adha selama ini, selalu diketemukan adanya cacing hati pada hewan kurban. "Persentase hewan kurban yang mengandung cacing hati, antara 20-25 persen," ujarnya.

Dari rekapitulasi sementara petugas di lapangan, kata Sugiyanto, jumlah hewan kurban yang disembelih pada Hari Raya Idul Adha 2017 ini mengalami peningkatan dibanding tahun lalu. Jumlahnya berkisar antara 5.500 hingga 6.000 ekor. Pada Hari Raya Idul Adha tahun lalu, jumlah hewan kurban yang disembelih kurang lebih sekitar 5.000 ekor.

"Hewan kurban tidak hanya disembelih pada hari ini saja. Tapi ada juga yang baru disembelih  pada H+2 dan H+3 setelah Hari Raya Idul Adha. Apalagi, Hari Raya Idul Adha tahun ini jatuh pada Hari Jumat, sehingga diperkirakan cukup banyak yang memilih menyembelih hari Sabtu atau Minggu," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement