Senin 04 Sep 2017 16:30 WIB

SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta Dorong Siswanya Berprestasi

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Gita Amanda
SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta
Foto: smumuhi-yog.sch.id
SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 1 (Muhi) Yogyakarta, Tri Ismu Husnan Purwono mengatakan, mengikuti kompetisi-kompetisi memang bagian yang tidak terpisahkan dari SMA Muhi. Sebab sekolah mendorong agar siswa-siswa aktif berorganisasi mengembangkan minatnya masing-masing agar berprestasi tak hanya di akademik tapi juga non-akademik.

"Jadi, dari satu sisi kehidupan mereka siap berkompetisi, tapi dari satu sisi lain muncul orang-orang terbaik yang ketika lulus tinggal menampaki jalan-jalan baru yang dipilih," kata Tri kepada Republika.co.id, Senin (4/9).

Termasuk, lanjut Tri, mereka yang pernah menjadi bagian dari Moehi National Competition (Monaco) biasanya melanjutkan kuliah di kampus-kampus ternama. Perhelatan yang sudah dua tahun belakangan diselenggarakan, selalu mempertemukan siswa-siswa dari sekolah-sekolah lain di Indonesia.

Hal itu dirasa mampu menumbuhkan sifat sosial anak-anak, termasuk mandiri di dalam mencari sponsor-sponsor yang mendukung jalannya kegiatan. Oleh karenanya, wajar bila setiap perhelatan Monaco, total kepanitiaan bisa mencapai angka 150 siswa dari kelas 10, 11 dan beberapa siswa 12 yang membimbing.