Rabu 06 Sep 2017 18:46 WIB

Ini Cara Pelajar Saudi Geliatkan Olahraga Bersepeda

Rep: mgrol97/ Red: Agung Sasongko
Bersepeda (ilustrasi)
Bersepeda (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Islam tidak melarang umatnya berolahraga. Demikian, keyakinan Nadima Abdulaynain, 19 tahun, warga Saudi yang menetap di Jeddah.

Sejak beberapa tahun terakhir, Nadima bersama teman-temanya aktif menggerakan olahraga bersepeda. Begitu aktif, hingga ia mendirikan klub sepeda.

"Awalnya, orang kaget melihat kami di jalan di lingkungan sekitar. Mereka kemudian menjadi lebih mendukung,” katanya, seperti dilansir Saudi Gazzette, Selasa (6/9) .

Diakui Nadima, sejak kecil ia gemar bersepeda. Melalui kegemarannya itu, Nadima ingin memotivasi warga di sekitarnya untuk mencoba berolahraga.

Selain itu, ia semakin terpacu ketika membaca laporan Pusat Informasi Kesehatan Nasional Kementerian Kesehatan Saudi tahun 2014 yang menyatakan hanya 29 persen wanita di Arab Saudi yang melakukan olahraga di kehidupan sehari-hari.

Hasilnya, melalui akun instagram, apa yang dilakukan Nadima mulai menjadi populer. Kemudian ia membuat sebuah kelompok WhatsApp untuk mereka yang tertarik bersepeda, menyetujui waktu dan tempat untuk bertemu.

“Kami mulai bertemu setiap Sabtu dan Rabu selama satu jam atau satu setengah jam. Beberapa dari mereka memiliki kekurangan keterampilan untuk mengendarai sepeda, namun tertarik dengan aktivitas tersebut. Kami saling membantu,” ujarnya.

Klub yang didirikannya telah beranggotakan 20 orang dan terbuka untuk siapa saja yang ingin bergabung. Namun sayang setelah beberapa bulan ia memulai klub, dirinya dan anggota lain harus berhenti. Sebab mereka harus mengajukan permohonan izin terlebih dahulu. Kini mereka sedang menunggu persetujuan dari gubernur.

“Kami berpikir bahwa kami seharusnya memiliki izin secara resmi agar klub kami tetap berdiri,” kata Abulaynain.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement