Kamis 07 Sep 2017 16:08 WIB

Penggalangan Dana Emil untuk Rohingya Tembus Rp 1 Miliar

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Endro Yuwanto
Aksi dukung rakyat Rohingya (ilustrasi)
Foto: Republika/Prayogi
Aksi dukung rakyat Rohingya (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menggagas penggalangan dana untuk membantu etnis Rohingya melalui laman kitabisa.com. Sejak dimulai pada Selasa (5/9), penggalangan dana secara online itu mendapat respon positif.

Bahkan dalam kurun waktu tiga hari hingga Kamis (7/9) dana yang dikumpulkan sudah menembus angka Rp 1 miliar. Seperti dilihat di laman kitabisa.com, hingga pukul 14.40 WIB donasi yang terkumpul lebih dari Rp 1,319 miliar dengan jumlah donatur 8.255 orang.

Ridwan Kamil pun mengungkapkan apresiasinya atas bantuan masyarakat yang telah melebihi target. "Luar biasa. Kurang dari 72 jam kampanye untuk mengumpukan dana secara online ini sudah tembus Rp 1 miliar," katanya kepada wartawan saat ditemui usai meresmikan peluncuran e-punten di Harris Hotel & Convention Festival Citilink, Kamis (7/9).

Pria yang akrab disapa Emil ini menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah memberikan donasinya. Setelah dana ini terkumpul, pihaknya akan segera menyalurkan bantuan melalui kepada lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT). Lembaga kemanusiaan ini sekarang sudah berada di Bangladesh dan wilayah perbatasan.