Jumat 08 Sep 2017 03:10 WIB

Badai Irma Telan Korban Jiwa di Belanda dan Prancis

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Indira Rezkisari
 Foto menunjukkan dampak Badai Irma di St Martin, Kamis (7/9). Badai ini sudah mengakibatkan ribuan orang kehilangan tempat tinggal karena hancur akibat badai.
Foto: AP
Foto menunjukkan dampak Badai Irma di St Martin, Kamis (7/9). Badai ini sudah mengakibatkan ribuan orang kehilangan tempat tinggal karena hancur akibat badai.

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Badai Irma kembali menewaskan lima orang dan menyebabkan kerusakan luas pada rumah dan infrastruktur di pulau Saint Martin Franco- Belanda di Karibia pada Kamis (7/9). Kecepatan badai tersebut mencapai 175 mil per jam.

Perdana Menteri Prancis, Edouard Philippe mengatakan, empat mayat telah ditemukan di sisi pulau Prancis, dan sekitar 50 orang mengalami luka-luka. "Jumlah korban tewas masih belum pasti karena operasi pembersihan sedang berlangsung," ungkap Philippe, dilansir dari Reuters Jumat (8/9).

Dia juga melaporkan, sekitar 95 persen rumah penduduk telah rusak, dan 60 persennya sudah tidak layak huni. Philippe mengatakan bahwa pemerintah pada hari Jumat akan mengumumkan keadaan darurat, yang memfasilitasi kompensasi asuransi.

"Tidak ada listrik, tidak ada air minum, bensin tidak tersedia," jelas dia.

Begitupun hanya dengan Belanda, pejabat pemerintah setempat menyatakan, badai irma tersebut menyebabkan kerusakan besar di sisi pulau di Belanda. Badai irma kali ini, satu orang dilaporkan tewas.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement