Sabtu 09 Sep 2017 16:52 WIB

Menteri Kehakiman Jepang Cicipi Kue Bikinan Penghuni Lapas

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Andi Nur Aminah
Menteri Kehakiman Jepang, Yoko Kamikawa mengunjungi Lapas Narkotika Klas IIA dan Rutan Cipinang ditemani Plt Dirjen Pemasyarakatan, Makmun, Sabtu (9/9).
Foto: Arif Satrio Nugroho
Menteri Kehakiman Jepang, Yoko Kamikawa mengunjungi Lapas Narkotika Klas IIA dan Rutan Cipinang ditemani Plt Dirjen Pemasyarakatan, Makmun, Sabtu (9/9).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemandangan berbeda terlihat di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Klas IIA Jakarta, Cipinang, Jaktim pada Sabtu (9/9). Tidak seperti biasanya, sejumlah ornamen Jepang dan bendera Jepang tampak terpasang menghiasi tembok lapas. Bendera Jepang dengan gagang kecil juga tampak dipegangi tahanan berseragam pramuka.

Sambutan khusus ini dilakukan dalam rangka menyambut kedatangan Menteri Kehakiman Jepang Yoko Kamikawa. Tepat pukul 13.00 WIB, Kamikawa bersama rombongan mengunjungi Lapas Klas IIA Narkotika Jakarta. Langkah wanita 64 tahun itu tak menggambarkan usianya. Langkahnya cepat menyusuri gedung lapas.

Di sela langkahnya, beberapa kali dia menunduk pada elemen lapas yang menjemputnya, juga kepada para jurnalis. Rombongannya pun tampak mengikuti dengan tergesa-gesa.

Dalam kunjungannya itu, dia ingin melihat proses pengelolaan dan pemberdayaan di Lapas Indonesia. Balai Latihan Kerja Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta menjadi targetnya. "Saya mendengar di lapas ini ada banyak kegiatan yang maju dan program penanggulangan kreativitas narapidanana," ujarnya dalam bahasa Jepang, Sabtu (9/9).