Ahad 10 Sep 2017 22:39 WIB

Persiba Senang Penonton Mulai Kembali Datangi Stadion

Red: Israr Itah
Stadion Batakan
Foto: Instagram Persiba
Stadion Batakan

REPUBLIKA.CO.ID, BALIKPAPAN -- Manajemen Persiba Balikpapan merasa senang karena para pecinta sepak bola mulai kembali datang ke stadion baru untuk menyaksikan laga tim Beruang Madu di kompetisi Liga 1. Pada pertandingan pertama Persiba di Stadion Batakan Balikpapan, Sabtu (9/9), lebih kurang 11 ribu tiket terjual saat tuan rumah menang 3-0 atas tamunya Persegres Gresik. 

"Kami menyiapkan 15 ribu tiket, tapi yang 11 ribu terjual ini pun sudah di atas yang biasa terjual di Stadion Parikesit," kata Ketua Panitia Pelaksana Pertandingan Persiba Warsito Hadi saat dikonfirmasi di Balikpapan, Ahad (10/9).

Harga tiket untuk kelas reguler adalah Rp 30 ribu dan VIP Rp 50 ribu, jauh lebih murah dari harga tiket di Stadion Parikesit, yang kursi VIP dihargai Rp 150 ribu, Rp 100 ribu untuk tribun tertutup walaupun tetap sama untuk kelas reguler. 

"Tapi kan dengan harga sama, fasilitasnya meningkat. Tidak lagi berdiri, ada kursinya juga," kata Warsito. 

Stadion Parikesit adalah markas lama Persiba di Komplek Pertamina Karanganyar. Kapasitasnya 12 ribu penonton dan setahun terakhir hanya terisi separuh atau bahkan hanya sepertiganya. Kini di Stadion Batakan hampir seluruh tribun terisi penuh walau masih ada sedikit terlihat longgar.

Pada pertandingan lawan Persegres, terlihat tribun barat di mana ada kursi VIP dan sebagian reguler terlihat penuh. Begitu juga tribun selatan yang menjadi markas Balistik (Balikpapan Suporter Fanatik), hanya sekitar tribun utara yang tidak terlalu penuh. 

"Baru terasa nonton pertandingan sepak bola kolosal, seperti seharusnya," kata Wawan, anggota Balistik. 

Kawasan parkir stadion yang belum selesai juga penuh, baik kendaraan roda dua maupun roda empat. Seiring kekurangan tempat, para penonton menumpang parkir di halaman-halaman rumah warga sekitar stadion. 

Stadion Batakan berkapasitas 46 ribu tempat duduk. Saat ini secara fisik bangunannya sudah selesai, namun pelengkapnya belum semuanya dipasang.

Seperti untuk pertandingan resmi perdana tersebut, kontraktor hanya mengizinkan penggunaan tribun bawah. Tribun atas masih dilarang digunakan karena belum dilengkapi pagar pengaman. 

Kapasitas seluruhnya tribun bawah adalah 22 ribu tempat duduk. Karena pintu masuk utama ada di selatan, itu sebabnya kawasan utara kurang padat penontonnya. 

Selama tiga bulan pertama kompetisi Liga 1, publik penggemar Beruang Madu bahkan tidak bisa menyaksikan permainan Marlon da Silva dkk, karena Persiba mengungsi ke Malang.

Keputusan mengungsi dilakukan karena Stadion Parikesit rencananya dibongkar Pertamina pada Februari 2017 sebagai bagian dari proyek peningkatan kapasitas kilang minyak Balikpapan, kendati sampai sekarang rencana itu belum juga dilaksanakan. 

 

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement