Senin 11 Sep 2017 15:07 WIB

Badai Irma Melemah Jadi Badai Kategori 1

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Indira Rezkisari
 Ombak menghempas Southernmost Point di Key West, Florida, (9/9). Badai Irma mengakibatkan pohon palem membengkok dan hujan turun dengan derasnya ketika melanda Florida.
Foto: AP
Ombak menghempas Southernmost Point di Key West, Florida, (9/9). Badai Irma mengakibatkan pohon palem membengkok dan hujan turun dengan derasnya ketika melanda Florida.

REPUBLIKA.CO.ID, TAMPA — Badai Irma dilaporkan telah melemah menjadi badai Kategori 1 dengan kecepatan angin 85 km per jam. Irma melemah di wilayah Tampa Bay pada Senin (11/9) setelah sebelumnya meluluhlantahkan Florida sebagai badai Kategori 4. Pusat badai Irma hanya berjarak sekitar 40 km dari timur laut St Petersburg di Tampa yang padat penduduk.

Lebih dari 3,3 juta rumah dan pertokoan di seluruh negara bagian ini terkena dampak dan akan membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk mengembalikan aliran listrik. Sementara itu, lebih dari 160 ribu orang juga dilaporkan menunggu di tempat penampungan yang didirikan di seluruh negara bagian.

Tidak ada laporan mengenai korban tewas di Florida. Sementara di Karibia, setidaknya 24 orang tewas saat badai Irma melintasi pulau-pulau eksklusif di sana, yang dikenal sebagai tempat liburan bagi orang kaya. Di Kuba, badai tersebut membanjiri paviliun Havana, yang mendorong air hampir setengah km ke daratan.

Setelah meninggalkan Florida, badai Irma yang semakin lemah diperkirakan akan memasuki Georgia, Alabama, Mississippi, Tennessee, dan sekitarnya. Peringatan badai tropis juga dikeluarkan untuk pertama kalinya di Atlanta.

Dilansir dari Time, wilayah Keys yang letaknya lebih rendah, gelombang badai tercatat lebih dari tiga meter. Juru bicara Monroe County Cammy Clark mengatakan perairan laut dipenuhi oleh bahaya navigasi, termasuk kapal tenggelam.

Pejabat setempat, Roman Gastesi, mengatakan tim penyelamat akan mulai melakukan pencarian dari rumah ke rumah pada Senin (11/9) pagi untuk memeriksa korban. Misi bantuan udara, yang dipimpin oleh pesawat kargo C-130, juga bersiap untuk membawa persediaan darurat ke Keys.

Presiden Donald Trump menyetujui deklarasi bencana untuk Florida, yang membuka jalan bagi bantuan federal. Gubernur Florida mengerahkan 7.000 anggota Garda Nasional Florida dan 10 ribu penjaga lain.

Irma telah menjadi badai paling dahsyat yang pernah tercatat di Atlantik, sebagai badai Kategori 5 dengan kecepatan angin mencapai 300 km per jam. Badai Irma diperkirakan akan mengambil jalan buntu ke wilayah Miami dan pantai Atlantik Florida, tapi kemudian Irma membuat pergeseran ke arah barat.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement