Selasa 12 Sep 2017 12:21 WIB

50 Hektare Lahan Savana Gunung Bromo Kebakaran

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Andi Nur Aminah
Savana di Gunung Bromo yang terbakar, Selasa (12/9)
Foto: Istiwa
Savana di Gunung Bromo yang terbakar, Selasa (12/9)

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Sekitar 50 hektare lahan savana yang berada di sekitaran Gunung Bromo mengalami kebakaran pada Senin (11/9) pukul 11.00 waktu setempat. Pemadaman lahan yang terbakar tersebut masih berlangsung sampai Selasa siang (12/9).

"Itu terdeteksi pukul 11 siang dan langsung diadakan pemadaman sampai malam dan sekarang masih berlangsung," kata Kepala Bagian Humas Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Syarif Hidayat saat dihubungi Republika.co.id Selasa (12/9).

Karena jangkauan ke lokasi cukup sulit, Syarif mengungkapkan, pihaknya hanya mengandalkan peralatan pemadaman secara manual. Ditambah lagi dengan bantuan dari masyarakat lokal dan para TNI serta Polisi setempat. Pihaknya hanya melakukan pemadaman sesuai arahan dengan sumber daya yang tersedia.

Sementara perihal penyebab, Syarif menegaskan, pihaknya masih menduga dan mencari tahu alasan pasti kebakaran itu dapat terjadi. Hingga kini, TNBTS menduga karena adanya kelalaian dari pengunjung mengingat cuaca di lokasi cukup panas. Terlebih lagi, dia melanjutkan, kondisi savana sudah sangat kering sejak tahun kemarin.

"Tahun 2016 kita zero burning dan itu terjadi penumpukan bahan bakar kering sehingga mudah terbakar," tambah dia 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement